Selasa, 14 Juli 2020

KEJUJURAN DAN INTEGRITAS DIRI

A. KEJUJURAN

1. Pengertian kejujuran

Kejujuran merupakan bagian dari sifat positif manusia. Kejujuran adalah bagian dari harga diri yang harus dijaga karena bernilai tinggi. Kehilangan uang bisa dicari lagi, tapi kehilangan kejujuran di mana harus dicari? 

Jujur itu mahal harganya, orang merusak kejujuran sangsinya akan berat dan berlangsung lama. Kejujuran diikat dengan hati nurani manusia, dan keduanya itu merupakan anugerah dari Allah Swt. Dua eleman ini saling keterkaitan. 
Ketika ucapan tak sesuai dengan kenyataan, hati menjadi risau karena ucapan dirasa tak jujur. Jujur memang indah, sikap jujur membuat hidup kita lebih tentram tanpa ada tekanan dari luar maupun dari batin kita sendiri. Coba bayangkan ketika kejujuran dinafikkan pasti hidup kita tak pernah tenang. Kebohongan pertama pasti harus ditutup dengan kebohongan kedua dan seterusnya. Yang pasti kebohongan itu sangat melelahkan dan membebani hati nurani, hidup tak nyaman dan diselubungi rasa was-was. 

2. KEJUJURAN DAN KEPERCAYAAN 

Kejujuran merupakan pangkal dari kepercayaan, yang menilai Anda jujur adalah Allah, Sang Pencipta dan orang-orang di sekitar Anda. Sedangkan kepercayaan adalah imbas positis dari sikap jujur. Orang yang mendelegasikan kepercayaan merupakan hasil dari penilaiannya terhadap sikap kita. Jadi sekali lagi kepercayaan adalah amanah yang harus dijaga erat. 

Karena kepercayaan tak timbul dari penilaian sesaat pula. Orang lain berteman terhadap kita digerakan dari rasa kepercayaan pula, pikiran postitif menimbulkan persepsi bahwa si A kelihatannya memegang prinsip kejujuran dan bisa dipercaya. Di lain contoh kejujuran juga bagian dari syarat kenaikan jabatan dalam sebuah sistem manajemen di perusahaan. 

Pemimpin perusahaan hanya menunjuk karyawan yang berprestasi baik terutama yang memegang prinsip kejujuran. Pemimpin menaruh kepercayaan full kepada karyawannya untuk menyelesaikan tugas kantornya. Kejujuran juga berlaku di sekolah dari TK sampai universitas, bahkan di sinilah kejujuran diajarkan sekaligus diuji tingkat kekuatannya. 

Di sekolah setiap ada menempuh ujian kenaikan kelas maupun ujian akhir peserta dilarang keras menyontek, karena melanggar norma kejujuran. Setiap ada peserta ujian yang berbuat curang terkena tindakan hukuman dari sekolahan. Namun ujian yang paling berat justru ketika siswa lulus sekolah dan kembali dalam kehidupan bermasyarakat dan bekerja di perusahaan atau mengabdi menjadi Pegawai Negeri Sipil di situlah banyak godaan yang mengancam norma kejujuran. 

Tak ada pengawasan yang ketat dan hati nurani dipertaruhkan demi materi yang bukan haknya. Kalau iman kita tak diikat kuat dari ibadah, bakalan kebobolan. Itulah mengapa di Indonesia banyak sekali kasus korupsi, bahkan menjadi negara yang paling korup nomer tiga di dunia. Sangat melalukan bukan? 

Kejujuran yang selama masa sekolah dijunjung tinggi, ternyata hilang karena godaan setan. Koruptor yang terbukti bersalah menggelapkan uang negara, alih-alih malu, malah menunjukan ekpresi tak bersalah. Sungguh menjijikan. Mereka taksadar bahwa dia adalah contoh buruk bagi pelajaran norma kejujuran. Selama orang tak jujur bakalah kehilangan harga diri didepan masyarakat dan Allah. 

Masyarakat sudah tak percaya lagi terhadap pejabat dan pelaku yang terbukti menyelewengkan kepercayaan. Untuk membangkitkan kepercayaan dari masyarakat sangat sulit, karena nilai kejujuran sudah dirusak sendiri. 


3. Kejujuran Adalah Harga Diri

Kejujuran adalah harga mati yang harus dipegang sampai mati pula. Jujur di dunia selamat di akhirat. Prinsipnya miskin materi tak mengapa asalkan kita masih punya nilai kejujuran. Karena kejujuran ibarat pelampung penyelamat ketika manusia menghadapi pengadilan super adil yakni pada hari perhitungan kelak. 
Norma jujur itulah salah satu saksi yang menyelamatkan dari hukuman Allah. Apa jadinya jika harga diri kita sendiri dirusak oleh sikap-sikap yang bertentangan dengan norma kejujuran? Yang pasti akan mendapatkan hukuman dari negara, masyarakat maupun rasa bersalah terhadap Allah penciptanya. Memang sesal hanya terjadi di belakangan. 
Namun sebisa mungkin janganlah merusak harga diri dengan kebohongan dan tindakan yang melawan norma kejujuran di mana saja Anda berada. Sekali Anda berbohong di depan masyarakat luas, hilanglah harga diri Anda selamanya.

B. ARTI INTEGRITAS

Apa yang dimaksud dengan integritas? Secara umum, arti integritas adalah kualitas kejujuran dan prinsip moral di dalam diri seseorang yang dilakukan secara konsisten dalam kehidupannya secara menyeluruh.

Pengertian integritas adalah suatu kepribadian seseorang yang bertindak secara konsisten dan utuh, baik dalam perkataan maupun perbuatan, sesuai dengan nilai-nilai dan kode etik. Seseorang dianggap berintegritas ketika ia memiliki kepribadian dan karakter berikut; 
Jujur dan dapat dipercaya 
  1. Memiliki komitmen 
  2. Bertanggung jawab 
  3. Menepati ucapannya 
  4. Setia 
  5. Menghargai waktu 
  6. Memiliki prinsip dan nilai-nilai hidup 
Kata “integritas” berasal dari Bahasa Latin, yaitu “integer” yang mengandung arti; 
Keteguhan sikap dalam mempertahankan prinsip yang menjadi landasan hidup dan melekat pada diri seseorang sebagai nilai-nilai moral. 
Mutu, sifat, atau keadaan yang menunjukkan kesatuan yang utuh sehingga memiliki potensi dan kemampuan yang memancarkan kewibawaan; kejujuran. 

Dari penjelasan tersebut maka dapat disimpulkan bahwa integritas adalah jati diri seseorang dan merupakan lawan langsung dari kemunafikan.

1. Arti Integritas Menurut Para Ahli

Agar lebih memahami apa pengertian integritas, maka kita dapat merujuk pada pendapat beberapa ahli berikut ini:

1. Andreas Harefa

Menurut Andreas Harefa, arti integritas adalah suatu kunci kehidupan yang dapat diamati secara langsung, yaitu menunjukkan kejujuran, berkomitemen, dan melakukan sesuatu dengan konsisten.

2. Henry Cloud

Menurut Henry Cloud, arti integritas adalah sesuatu yang sangat berhubungan dengan keutuhan dan kefektifan seseorang sebagai insan manusia dalam menjalankan fungsinya sesuai dengan yang telah dirancang sebelumnya.

3. Ippho Santoso

Menurut Ippho Santoso, pengertian integritas adalah suatu keadaan menyatunya pikiran, perkataan, dan berbuatan sehingga melahirkan reputasai dan kepercayaan.

4. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Menurut KBBI, arti integritas adalah mutu, sifat, dan keadaan yang menggambarkan kesatuan yang utuh, sehingga memiliki potensi dan kemampuan memancarkan kewibawaan dan kejujuran.

2. Fungsi Integritas Adalah

Arti integritas bagi kecerdasan moral dan wawasan diri

Setelah memahami apa arti integritas, mungkin kita bertanya-tanya, apa fungsi integritas itu? Secara garis besar, ada dua fungsi utama integritas, yaitu:

1. Fungsi Kognitif

Dalam hal ini fungsi kognitif integritas mencakup kecerdasan moral dan wawasan diri (self insight). Dan wawasan diri itu meliputi pengetahuan diri dan refleksi diri.

Dari penjelasan tersebut maka dapat dijelaskan bahwa fungsi kognitif integritas adalah untuk memelihara moral seseorang dan mendorong orang tersebut untuk memiliki pengetahuan yang lebih luas.

2. Fungsi Afektif

Fungsi afektif mencakup hati nurani dan harga diri. Sehingga fungsi afektif integritas adalah untuk menjaga nurani manusia agar tetap memiliki ‘hati’ dan perasaan sebagai manusia.

3. Manfaat Integritas

Integritas bermanfaat bagi fisik, intelektual, emosional, dan spiritual

Dari penjelasan sebelumnya disebutkan bahwa terdapat dua fungsi integritas, yaitu fungsi kognitif dan afektif. Lalu, apa manfaat integritas bagi seseorang? 
Manfaat secara fisik, individu yang memiliki integritas cenderung merasakan manfaat pada fisiknya. Misalnya merasa lebih sehat dan bugar dalam melakukan kegiatannya. 
Manfaat secara intelektual, individu yang berintegritas umumnya lebih mampu mengoptimalkan kemampuannya ketimbang individu yang munafik. 
Manfaat secara emosional, umumnya seseorang yang memiliki integritas juga memiliki motivasi, sadar diri, solidaritas tinggi, empati, simpati, dan emosi yang stabil. 
Manfaat secara spiritual, integritas menjadikan seseorang lebih bijaksana dalam memaknai segala pengalaman hidupnya. 
Manfaat secara sosial, integritas dalam diri seseorang membuatnya lebih mudah dalam menjalin hubungan baik dengan orang lain dan dalam melakukan kerja sama di masyarakat. 

4. Pentingnya Integritas

Integritas penting bagi perkembangan seseorang

“Tanpa integritas, motivasi itu berbahaya; tanpa motivasi, kapasitas tidak berdaya; tanpa kapasitas, pemahaman terbatas; tanpa pemahaman, pengetahuan tidak ada artinya; tanpa pengetahuan, pengalaman itu buta. Pengalaman mudah diberikan dan digunakan dengan cepat oleh orang-orang dengan semua kualitas lainnya.” (Anonim)

Dari kutipan di atas dijelaskan bahwa integritas adalah hal terpenting dalam kehidupan seseorang secara menyeluruh. Ketika kita mencari karakteristik tentang bagaimana cara membangun kehidupan pribadi, maka urutannya dimulai dari; 
  1. Integritas 
  2. Motivasi 
  3. Kapasitas 
  4. Pengetahuan 
  5. Pengalaman 
Berikut ini adalah penjelasang mengapa integritas begitu penting dalam kehidupan setiap orang: 
Integritas adalah salah satu kunci kesuksesan setiap orang karena individu yang berintegritas merupakan pribadi yang konsisten dalam menjalankan nilai-nilai dan norma yang berlaku. 
Integritas seseorang akan menentukan dirinya bisa dipimpin dan bisa menjadi pemimpin karena hanya individu berintegritas yang memiliki kepribadian berkualitas dan mampu belajar dari orang lain.  Integritas seseorang akan menentukan seberapa besar dirinya layak dipercaya oleh orang lain karena tindakannya yang konsisten. 
Integritas akan menghasilkan reputasi dan prestasi bagi seseorang karena mereka berpikir, berkata, dan bertindak secara konsisten.

189 komentar:

  1. Mohammad Syahril Subandi
    Kelas XI TP1

    BalasHapus
  2. Mardiyansyah
    Kelas XI TP1

    BalasHapus
  3. Taufik Nuriman
    Kelas XI TP1

    BalasHapus
  4. Muhammad arief fadhillah
    XI TP1

    BalasHapus
  5. Rivaldi Ramadhan
    Kelas xi tp1

    BalasHapus
  6. Dhimas Abriyansyah
    XI TP1

    BalasHapus
  7. Shakti Abizard Mahardika
    Kelas XI TP1

    BalasHapus
  8. Luthfi Alfito Darmansyah
    X TP1

    BalasHapus
  9. Luthfi Alfito Darmansyah
    XI TP1

    BalasHapus
  10. nabila Rahmadani
    XI APL 2

    BalasHapus
  11. Noni fadila aulya rahman
    XI APL 2

    BalasHapus
  12. Saskya Khairani
    XI APL 2

    BalasHapus
  13. Christoforus Dimas
    XI APL 2

    BalasHapus
  14. berliana husna ary dwi widuri
    XI APL 2

    BalasHapus
  15. Nama:Ririn Nurhayati
    kelas: X KI 3

    BalasHapus
  16. Ruli fitriani ngsih
    Xi apl 2

    BalasHapus
  17. Riko Tri Apriyanto
    XI TP 2

    BalasHapus
  18. Bima Eka Putra Prayudha
    XI TP 2

    BalasHapus
  19. 23 Juli 2020 09.13
    MUHAMMAD ILHAM ARRIZQI
    XI TP2

    BalasHapus
  20. Hari Pidie Juliansyah kelas:XITP2

    BalasHapus
  21. Muhammad Fajar Saputra
    XTP 2

    BalasHapus
  22. Rizky armi saputra
    XI tp 2

    BalasHapus
  23. Rizky armi saputra
    XI tp 2

    BalasHapus
  24. Waka Rizal Qowiyu
    XI TP 4

    BalasHapus
  25. Muhammad Irfan Arbiyanto
    XI TP 4

    BalasHapus
  26. Muhamad Hafiz Isyamabir Al amin
    XI TP R

    BalasHapus
    Balasan
    1. Muhamad Hafiz Isyamabir Al amin
      XI TP 4

      Hapus
  27. Putra Wida hidayat
    XI TP 4

    BalasHapus
  28. Syafiq Affan Assiddiq
    XI TP 4

    BalasHapus
  29. Muhammad Yoga Prasetyo
    XI TP4

    BalasHapus
  30. Muhammad azmi sabarian
    X TP 4

    BalasHapus
  31. Muhammad azmi sabarian
    X TP 4

    BalasHapus
  32. Nama: nabila Putri Ramadhania
    Kls;X ki1

    BalasHapus
  33. Aa'arya gadieng kurniawan
    XI TP4

    BalasHapus
  34. Nama: Wahid Saputra
    Kelas : XI TP 4

    BalasHapus
  35. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  36. Marsel Hosean Butar Butar
    XI TP4

    BalasHapus
  37. Rita chaniago jurusan kimia industri kelas X ki1

    BalasHapus
  38. Nama:Maulana Tirta Mahardika
    Kelas:X KI 1

    BalasHapus
  39. Nama:Hervani Ardian Wibisono
    Kls:XI TP2

    BalasHapus
  40. Nama :Rico Febrianto
    Kelas:XI TP 4

    BalasHapus
  41. Nama: Muhammad Sarrani Ramadhan
    Kelas:XI TP4

    BalasHapus
  42. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  43. Nama : Sri Putriani
    Kelas : XI APL 1

    BalasHapus
  44. Nama : Sri Putriani
    Kelas : XI APL 1

    BalasHapus
  45. Nama: Silvia Ramadhani
    Kelas: XI APL 1

    BalasHapus
  46. Nama: Dede Damayanti
    Kelas:XI APL 1

    BalasHapus
  47. Nama: amar mufid
    Kelas : apl 1

    BalasHapus
  48. Nama : Resti Prisilia
    Kelas : 11 APL 1

    BalasHapus
  49. Nama : Fitri Wulandari
    Kelas :11 APL 1

    BalasHapus
  50. Nama:Tina hermawati
    Kelas: X1 APL 1

    BalasHapus
  51. Nama : Djadug Fadhillah Akbar
    Kelas: XI AL 1

    BalasHapus
  52. Nama : Dian Safira
    Kelas: XI APL 1

    BalasHapus
  53. Nama : AYU DIAH LESTARI
    Kelas : XI APL 1

    BalasHapus
  54. Nama: ARIADI
    Kelas:xi tp 4

    BalasHapus
  55. Nama : Mega Saputri
    Kelas : XI APL 1

    BalasHapus
  56. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  57. Nama Gita Naomi Azalia
    Kelas : XI Apl 1

    BalasHapus
  58. Nama Okta Ambarwati
    Kelas XI AL 1

    BalasHapus
  59. Nama: Nabilla Ummul Saleha Wati
    Kelas: XI APL 1

    BalasHapus
  60. Nama : SYAFIQ NABIL ASSIRHINDI
    kelas : XI TP 3
    HADIRRR

    BalasHapus
  61. NAMA : Rio Aprilyanto
    KELAS: X Tp 3

    HADIIIRR

    BalasHapus
  62. Nama:ANDIKA DWI JAYA PUTRA
    Kelas:XTP3
    Hadir

    BalasHapus
  63. Nama : Mohammad ikhsan
    Kelas : XI TP3
    HADIRRR

    BalasHapus
  64. NAMA:Andi Syaihul Bachri
    KELAS:XI TP3

    BalasHapus
  65. Nama=arief maulana sanjaya
    Kelas=XI AL 1
    Hadir

    BalasHapus
  66. Nama:Vanessa Meipriola
    Kelas:XI APL 1
    Hadir

    BalasHapus
  67. Nama:Repi Wardana
    Kelas:XI TP3

    BalasHapus
  68. NAMA : DIANA
    KELAS : XI APL 1

    BalasHapus
  69. Nama:wahyudi
    Kelas:Xl tp3

    BalasHapus
  70. Nama: ananda tri wandari
    Kelas: XI ALP 1

    BalasHapus
  71. NAMA:ARI SIGIT
    KELAS:XI TP3

    BalasHapus
  72. Nama: Emelyia Dwi Yanti
    Kelas:XI APL 1

    BalasHapus
  73. Nama : hengky saputra
    Kelas: XI TP3

    BalasHapus
  74. Nama: Khairul Muslimin
    Kelas: XI Tp3

    BalasHapus
  75. Nama : M.khairul ikhsan
    kelas:XI tp 3
    Balas

    BalasHapus
  76. Nama : Eki Yulianda
    Kelas: xi Tp 3

    BalasHapus
  77. Nama : Eki Yulianda
    Kelas: xi Tp 3

    BalasHapus
  78. nama: syarif luqmanul hakim
    kelas: xi tp 3

    BalasHapus
  79. Nama:ANDINI TRI PELIASARI
    Kelas:XI APL1

    BalasHapus
  80. Nama:Mutiara rengganis
    kelas:XIAPL2

    BalasHapus
  81. nama :ibnu afrizan
    kelas:XI TP4

    BalasHapus
  82. Nama:Hairul
    Kelas:XI tp3,

    BalasHapus
  83. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  84. Nama: Silvia Ramadhani
    Kelas: XI APL 1

    BalasHapus
  85. Nama : AZKA ANISA ZAHRA
    Kelas : XI APL 1

    BalasHapus
  86. Nama : AZKA ANISA ZAHRA
    Kelas : XI APL 1

    BalasHapus
  87. Nama : Mega Saputri
    Kelas : XI APL 1

    BalasHapus
  88. NAMA : DIANA
    KELAS : XI APL 1

    BalasHapus
  89. Nama:Tina hermawati
    kelas: X1 APL 1

    BalasHapus
  90. NAMA : DIANA
    KELAS : XI APL 1

    BalasHapus
  91. Nama: Nabilla Ummul Saleha Wati
    Kelas: XI APL 1

    BalasHapus
  92. Nama Djadug Fadhillah Akbar
    Kelas XI APL 1

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nama: ananda tri wandari
      Kelas: XI APL 1

      Hapus
  93. Nama: Emelyia Dwi Yanti
    Kelas:XI APL 1

    BalasHapus
  94. Nama : sri putriani
    KelaS: XI APL 1

    BalasHapus
  95. Nama : Dian safira
    Kelas: XI APL 1

    BalasHapus
  96. Nama:Dharmaul Husnawati
    Kelas: XI APL 1

    BalasHapus
  97. Christoforus Dimas
    XI APL 2

    BalasHapus
  98. Saskya Khairani
    XI APL 2

    BalasHapus
  99. Nabila rahmadani
    XI APL 2

    BalasHapus
  100. Ruli fitrianingsih
    XI APL 2

    BalasHapus
  101. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  102. Noni fadila aulya rahman
    XI APL 2

    BalasHapus
  103. berliana husna ary dwi widuri
    XI APL 2

    BalasHapus
  104. Dzulfebri akbari
    XI apl 2

    BalasHapus
  105. Nama:Tina hermawati
    Kelas: X APL 1

    BalasHapus
  106. Nama: Ardi Setiyawan
    Kelas: X TP 2
    Absen: 4

    BalasHapus
  107. Nama : RIO REYANDA
    Kelas: X TP 2

    BalasHapus
  108. Website paling ternama dan paling terpercaya di Asia
    Sistem pelayanan 24 Jam Non-Stop bersama dengan CS Berpengalaman respon tercepat
    Memiliki 9 Jenis game yang sangat digemari oleh seluruh peminat poker / domino
    Link Alternatif :
    www.arenakartu.cc
    100% Memuaskan ^-^

    BalasHapus
  109. Nama :Donik putra setyawan
    Kelas:X TKJ
    No. :05

    BalasHapus
  110. Nama:Muhammad.Arif.Syafi'i
    Kelas:X TKRO
    No:25

    BalasHapus
  111. Nama: Sri Widyaningsih
    Kelas : X BDP
    No : 12

    BalasHapus
  112. Nama. :DONIK PUTRA SETYAWAN
    Kelas :X TKJ
    No. :05

    BalasHapus
  113. Nama: Ridho Suman
    Kelas:X IPS 2
    No.:35

    BalasHapus
  114. Nama : Farrel Akiela
    Absen : 11
    Kelas : X RPL 1
    Sekolah : SMKN 24 Jakarta

    BalasHapus

Silahkan Absen dikomentar ini dengan Format Nama Lengkap dan Kelas.