Selasa, 28 Juli 2020

PEMAHAMAN DIRI


1. Pengertian Pemahaman Diri
Pemahaman diri banyak diperbincangkan oleh banyak orang dan setiap orang mengartikan pemahaman diri menurut cara pandang mereka masing-masing.
Maslow menyebutnya personal meaning yang dimuat Kira pada yahoo answer menggambarkan bahwa meaning dialami dari aktualisasi diri, individu yang termotivasi untuk mengetahui alasan atau maksud dari keberadaan dirinya. Ia juga mengatakan bahwa setiap individu memiliki dorongan untuk memenuhi kebutuhannya dari yang sederhana sampai kebutuhan yang kompleks. Aktualisasi diri adalah pencapaian suatu potensi terbesar dalam diri, menjadi yang terbaik yang dapat dilakukannya, dan mencapai tujuan hidup dirinya.[1]
Selalin itu Baumeister mengatakan bahwa meaning mengandung beberapa bagian kepercayaan yang saling berhubungan antara benda, kejadian dan hubungan. Baumeister menekankan bahwa meaning pada akhirnya memberikan arahan, intensi pada setiap individu, di mana perilaku menjadi memiliki tujuan , daripada hanya berperilaku berdasarkan insting atau impuls.
Maria Antoinete menjelaskan bahwa orang yang memahami diri adalah mereka yang memiliki tujuan hidup, memiliki arah, rasa memiliki kewajiban dan alasan untuk ada (eksis), identitas diri yang jelas dan kesadaran sosial yang tinggi.[2]
Pemahaman diri adalah suatu cara untuk memahami, menaksir karakteristik, potensi dan atau masalah (gangguan) yang ada pada individu atau sekelompok individu.[3]
Menurut Santrock, Pemahaman diri (self – Understanding) adalah gambaran kognitif remaja mengenai dirinya, dasar, dan isi dari konsep diri remaja.[4]
Menurut Hartono pemahaman diri siswa SMA adalah pengenalan secara mendalam atas potensi-potensi dirinya yang mencakup ranah minat, abilitas, kepribadian, nilai dan sikap yang mana pengenalan siswa atas pribadinya sendiri mencakup dua sisi yaitu pengenalan siswa atas keunggulannya dan pengenalan siswa atas kekurangannya sendiri. Kekuatan merupakan seperangkat kemampuan yang dimiliki siswa baik yang bersifat potensial maupun aktual. Kekuatan siswa menggambarkan keunggulan, kehebatan pribadi siswa, sedang kekurangan siswa adalah sejumlah keterbatasan yang dimiliki siswa. Kekurangan siswa menggambarkan ketidak mampuan siswa yang menjadi hambatan siswa dalam meraih cita-cita.[5]
Dalam modul layanan informasi tentang pemahaman diri yang disusun oleh tim konselor RSMABI Jawa Tengah menggambarkan bahwa pengelanan terhadap diri sendiri merupakan kemampuan seseorang dalam mengeksplorasi potensi diri sendiri yang terdiri dari potensi fisik dan potensi psikis. Potensi psikis yaitu kelebihan pada anggota badan, panca indera beserta kekuatan/ kualitasnya, sedangkan potensi psikis yaitu seluruh kemampuaqn dan kekuatan yang dimiliki seseorang yang berkaitan dengan kemampuan kejiwaan antara lain : intelektual(IQ), bakat, minat, dan sifat, ciri-ciri kepribadian.[6]
Sumber lain, dalam materi kuliah perencanaaan karier menyatakan tujuan materi pemahaman diri adalah membantu siswa mengeksplorasi kemampuan/ bakat, miatnya, nilai-nilai kepribadian dan kemampuan emosioalnya dalam rangka memahami diri dalam kaitannya dengan memasuki dunia kerja.[7]
Dari uraian diatas penulis menyimpulkan bahwa pemahaman diri adalah suatu situasi yang dialami individu dimana seseorang mengenal tentang potensinya baik potensi fisik maupun potensi psikisya sehingga individu memahami arah dan tujuan hidupnya atau cita-cita. Potensi fisik yaitu sejumlah kemampuan yang ada pada anggota badan dan panca indra individu sedangkan potensi psikis individu mencakup minat, abilitas, kepribadian, nilai dan sikap. Pemahaman yang dimaksudkan disini tidak hanya terbatas pada pengenalan siswa atas keunggulannya saja tetapi juga mencakup pengelan siswa atas kekurangan yang ada dalam diri.

2. Tujuan Pemahaman Diri
Pemahaman diri merupakan aspek penting bagi siswa SMA. Siswa yang memahamai diri lebih memiliki peluang yang besar dalam meraih cita-cita dari pada siswa yang belum mengenal dengan baik akan diri mereka sendiri, karena mereka yang memahami diri telah memahi kemampun, minat, kepribadian, dan nilai termasuk kelebihan dan kekurangan yang ada dalam diri mereka sehingga mereka memiliki arah dan tujuan hidup yang realistis dimana mereka memilliki cita-cita yang sesuai dengan potensi diri.
Menurut Muhamat Farid ketika seseorang mengetahui kondisi dan gambaran tentang dirinya maka dia akan dapat menjalani hidupnya dengan nyaman dan juga memiliki rasa percaya diri yang kuat karena sudah memiliki pandangan diri yang jelas.[8]
Dalam materi kuliah yang disusun di Universitas Negeri Malang dengan materi pemahaman diri ditujukan agar siswa mampu mempersiapkan diri dalam memasuki dunia kerja, sehingga dapat mencapai kesuksesan dalam karier.
Pemahaman diri atau disebut knowing yourself oleh Levinson, Ohler, Caswell dan Kiewra merupakan aspek penting dalam pengambilan keputusan selanjutnya kemampuan siswa dalam pengambilan keputusan karier merupakan wujud nyata dari kematangan perkembangan karier siswa.[9] Sedangkan kematanngan karier menurut Super memilki enam dimensi, yaitu; (1) dimensi membuat pilihan karier, (2) dimensi kompetensi khusus tentang mencari informasi karier dan keterampilan-keterampilan membuat perencanaan karier, (3) dimensi konsistensi pilihan-pilihan, (4) dimensi pengenbangan konsep diri, (5) dimensi kebebasan membuaat keputusan karier, dan (6) dimensi konsistensi membuat pilihan yang realistis berdasarkan tujuan

pribadi.[10]
Dari uraian di atas penulis menyimpulkan bahwa tujuan pemahaman diri bagi siswa adalah:
a. Mampu mengeksplorasi potensi diri mereka yang mencakup: minat, abilitas, dan cita-cita sehingga individu dapat merencanakan karier yang sesuai dengan potensi diri.
b. Siswa bisa mempersiapkan diri dengan baik dalam memasuki dunia kerja. Dengan persiapan yang matang individu dapat mencapai kesuksesan dalam berkarier.
c. Siswa mencapai kematangan dalam perkembangan karier
d. Siswa mampu mengambil keputusan karier secara mandiri
3. Ciri-ciri Siswa yang Memahami Dirinya
Siswa SMA merupakan usia dimana seseorang mencapai kematangan kariernya. Kematangan karier bagi siswa terbukti bila mereka mampu mengambil keputusan karier secara mandiri, dimana kemandirian itu tidak pernah terlepas dari pengaruh pemahaman diri siswa.
Menurut Bastaman menjelaskan dalam diri seseorang yang memahami diri terjadi meningkatnya kesadaran atas buruknya kondisi diri pada saat ini dan keinginan kuat untuk melakukan perubahan kearah kondisi yang lebih baik.[11]
Almond mereka yang memahami diri yaitu; (1). Orang yang percaya bahwa hidupnya bermakna , secara positif pasti meyakini konsep-konsep tertentu, seperti humanistik, religiusitas, atau idiosyncratic yang berhubungan dengan makna kehidupan, (2). Konsep meaning yang mereka yakini, memunculkan kekonsistensian mereka untuk mencapai arah dan tujuan hidup mereka, (3). Orang yang percaya bahwa hidup mereka bermakna , entah hidup mereka sudah bermakna atau mereka yang masih berusaha mencapai tujuan hidupnya, (4). Dalam proses mencapai tujuan hidup yang mereka buat, dalam diri seseorang , akan muncul perasaan signifikan pada diri mereka sendiri dan rasa bangga terhadap kehidupan mereka.[12]
Muhamat Farid, dalam tesisnya yang dimuat pada blog menjelaskan bahwa ketika seseorang mengetahui kondisi dan gambaran tentang dirinya maka dia akan dapat menjalani hidupnya dengan nyaman dan juga memiliki rasa percaya diri yang kuat karena sudah memiliki pandangan diri yang jelas. [13]
Dalam sumber yang sama dijelaskan juga bahwa percaya diri terkait dengan (1) self-concept yaitu bagaiman Anda menyimpulkan diri anda secara keseluruhan, bagaimana Anda melihat potret diri Anda secara keseluruhan, bagaimana Anda mengkonsepsikan diri anda secara keseluruhan, (2). Self-esteem: sejauh mana Anda punya perasaan positif terhadap diri Anda, sejauhmana Anda punya sesuatu yang Anda rasakan bernilai atau berharga dari diri Anda, sejauh mana Anda meyakini adanya sesuatu yang bernilai, bermartabat atau berharga di dalam diri Anda, (3). Self- efficacy: sejauh mana Anda punya keyakinan atas kapasitas yang Anda miliki untuk bisa menjalankan tugas atau menangani persoalan dengan hasil yang bagus (to succeed).
Ini yang disebut dengan general Self-efficacy atau sejauhmana Anda meyakini kapasitas anda di bidang anda dalam menangani urusan tertentu. Ini yang disebut dengan specific self-efficacy, (4). Self-confidence; sejauhmana Anda punya keyakinan terhadap penilaian Anda atas kemampuan Anda dan sejauh mana Anda bisa merasakan adanya “kepantasan” untuk berhasil. Self confidence itu adalah kombinasi dari self esteem dan self-efficacy.
Rahmat Arif Gunawan menjelaskan dalam blognya bahwa sebuah perjuangan besar yang harus dilalui seseorang dalam kehidupan adalah memahami diri, dengan memahami seseorang akan mampu mencapi kesuksesan. Menurutnya pemahaman diri bias dicapai dengan jalan berfikir positif dan memiliki kebiasaan yang efektif.[14]

Dari uraian-uraian diatas penulis dapat menyimpulkan siswa yang memahami diri memiliki ciri-ciri sebagai berikut;
a. Percaya diri
Dalam kamus istilah Bimbingan dan konseling yang ditulis Thantaway percaya diri adalah kondisi mental atau psikologis diri seseorang yang memberi keyakinan kuat pada dirinya untuk berbuat atau melakukan sesuatu tindakan. [15]
Menurut Hakim rasa percaya diri yaitu suatu keyakinan seseorang terhadap segala aspek kelebihan yang dimilikinya dan keyakinan tersebut membuatnya merasa mampu untuk bisa mencapai berbagai tujuan di dalam hidupnya. Jadi, dapat dikatakan bahwa seseorang yang memiliki kepercayaan diri akan optimis di dalam melakukan semua aktivitasnya, dan mempunyai tujuan yang realistik, artinya individu tersebut akan membuat tujuan hidup yang mampu untuk dilakukan, sehingga apa yang direncanakan akan dilakukan dengan keyakinan akan berhasil atau akan mencapai tujuan yang telah ditetapkannya.[16]
Hakim juga mengemukakan cirri individu yang percaya diri sebagai berikut:
1) Selalu bersikap tenang di dalam mengerjakan segala sesuatu;
2) Mempunyai potensi dan kemampuan yang memadai;
3) Mampu menetralisasi ketegangan yang muncul di dalam berbagai situasi.
4) Mampu menyesuaikan diri dan berkomunikasi di berbagai situasi;
5) Memiliki kondisi mental dan fisik yang cukup menunjang penampilannya;
6) Memiliki kecerdasan yang cukup;
7) Memiliki tingkat pendidikan formal yang cukup;
8) Memiliki keahlian atau keterampilan lain yang menunjang kehidupannya, misalnya ketrampilan berbahasa asing;
9) Memiliki kemampuan bersosialisasi;
10) Memiliki latar belakang pendidikan keluarga yang baik;
11) Memiliki pengalaman hidup yang menempa mentalnya menjadi kuat dan tahan di dalam

menghadapi berbagai cobaan hidup;
12) Selalu bereaksi positif di dalam menghadapi berbagai masalah, misalnya dengan tetap tegar, sabar, dan tabah dalam menghadapi persoalan hidup. [17]
b. Befikir positif, dengan cirri sebagai berikut:
1) melihat masalah sebagai tantangan
2) menikmati hidupnya
3) pikiran terbuka untuk menerima saran dan ide
4) mengenyahkan pikiran negatif segeraa setelah melintas di pikiran
5) mensyukuri apa yang dimilikinya, bukan berkeluh kesah.
6) tidak mendengarkan gosip dan isu yang tidak tentu
7) Tidak banyak “excuse”, langsung action.
8) Menggunakan bahasa positif, optimis.
9) Menggunakan bahasa tubuh yang positif
10) peduli pada citra diri sendiri
c. Memiliki kebiasaan yang efektif, dengan cirri sebagai berikut:
1) Menjadi proaktif
2) Merujuk pada tujuan akhir
3) Mendahulukan yang utama
4) Berpikir dan bertindak menang-menang
5) Berusaha mengerti terlebih dahulu baru dimengerti
6) Mewujudkan sinergi
7) Melakukan evaluasi
4. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pemahaman Diri Siswa
Pemahaman diri (minat, abilitas, kepribadian, nilai-nilai dan sikap, kelebihan dan kekurangan) di pengaruhi oleh faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal yang turut mempengaruhi pemahaman diri ditentukan oleh diri terbuka dan tertutup. Kepribadian yang terbuka berkonstribusi positif terhadap pemahaman diri, sedangkan kepribadian yang tertutup adalah faktor penghambat dalam pemahaman diri. Faktor eksternal (lingkungan) yang mempengaruhi pemahaman diri antara lain, lingkungan keluarga, teman sebaya, dan sekolah.
Menurut Hurlock masa remaja dikatakan sebagai masa transisi karena belum mempunyai pegangan, sementara kepribadianya masih menglami suatu perkembangan, remaja masih belum mampu untuk menguasai fungsi-fungsi fisiknya. Remaja masih labil dan mudah terpengaruh oleh lingkungan sekitarnya. Remaja sebagai bagian dari generasi penerus yang menjadi tonggak sebagai individu yang bermakna pada hari kemudian diharapkan juga memiliki pemahaman tentang diri yang benar, hal tersebut sangat diperlukan bagi setiap orang dalam menjalani kehidupannya, sehingga di peroleh suatu gambaran yang jelas tentang dirinya dan supaya sremaja bias menjalankan apa yang sudah didapatkannya.[18]
Pada kesempatan ini penulis lebih menekan pada pengaruh lingkungan sekolah terhadap pemahaman diri siswa terletak pada peran kepala sekolah, sataf administrasi, guru mata pelajaran, dan peran konselor sekolah dalam melaksanakan program bimbingan dan konseling. Program bimbingan yang dilaksanakan oleh konselor sekolah mencakup empat bidang antara lain; bimbingan pribadi, bimbingan sosial, bimbingan karier, dan bimbingan belajar. Untuk mewujudkan tujuan bimbingan di sekolah, konselor perlu melaksanakan berbagai kegiatan layanan bantuan dimana salah satunya adalah layanan informasi.
Pemahaman diri siswa di pengaruhi oleh pelaksanaan layanan informasi dalam bidang bimbingan karier, yang mana materi dalam pemberian informasi kepada siswa mencakup, potensi diri (minat, abilitas, nilai-nilai dan sikap) serta kekuatan atau kelebihan dan kekurangan/ kelemahan diri.

407 komentar:

  1. Balasan
    1. Luqmanul hakim
      X ki 1

      Hapus
    2. Nama :Willy Cristiano Saputra
      Kelas:X APL 2

      Hapus
    3. Nama:Delvia Amanda
      Kelas:x apl 2

      Hapus
    4. Nama:Delvia Amanda
      Kelas:x apl 2

      Hapus
  2. Nabila Putri Ramadhania
    X Ki 1

    BalasHapus
  3. Fidelia Wita Tarigas
    X KI 1

    BalasHapus
  4. Zulpa Lipia Aulia Angreani
    X KI 1

    BalasHapus
  5. Ramadhan Surya Laksana
    X KI 1

    BalasHapus
  6. Handoko Tri wibowo
    X KI 1

    BalasHapus
  7. Maulana Tirta Mahardika
    X KI 1

    BalasHapus
  8. Muhammad raihan pratama x ki 1

    BalasHapus
  9. Samaniah Rizkika Vidyanata
    X KI 1

    BalasHapus
  10. Muhammad raihan pratama x ki 1

    BalasHapus
  11. Dzaki Dwi Murtado X KI 1

    BalasHapus
  12. Ardhi anugrah X KI 1

    BalasHapus
  13. X KI 1 Mulia firman sianipar

    BalasHapus
  14. Muhammad Dzaki Fadhli Sugianto
    X KI 1

    BalasHapus
  15. Gustian Tegar Pratama
    Kls:X KI 1

    BalasHapus
  16. Nama: Apriansyah
    Kelas: X TP 4

    BalasHapus
  17. Nama : Dewa Putra Sriwijaya
    Kelas : X TP 4

    BalasHapus
  18. Robbi Prasatiyo
    Kelas X TP4

    BalasHapus
  19. Nama : Fauzi dwi putra kurnia
    Kelas : X TP4

    BalasHapus
  20. Nama:VERI YANTO
    Kelas:X TP4

    BalasHapus
  21. Nama: Rahmat Hidayat
    Kelas: X TP 4

    BalasHapus
  22. Nama : Arif Wicaksono
    Kelas : XTP 4
    Absen no : 4

    BalasHapus
  23. Nama : Muhammad Riski
    Kelas : X TP4

    BalasHapus
  24. Nama : Muhammad Riski
    Kelas : X TP4

    BalasHapus
  25. Nama: Gusmau Hilawa Mustaqim
    Kelas:X TP 4
    No absen:13

    BalasHapus
  26. Nama: Rizferi Arnanda
    Kelas: X TP 4

    BalasHapus
  27. Nama : Ponti Irsa Al Dzadit
    Kelas : X TP 4
    No Absen : 24

    BalasHapus
  28. Nama:Yuza Maulana
    kelas:X TP 4
    no absen:34

    BalasHapus
  29. NAMA : Dwi pujo Basuki
    Kelas : XTP 4
    No absen: 9

    BalasHapus
  30. Nama:Muhammad Afrizal
    Kelas:X TP 4
    No absen:18

    BalasHapus
  31. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  32. Nama:Dimas Pramudita
    Kelas:X TP4
    Absen:8

    BalasHapus
  33. NAM: : RIFKI TRI SUSANTO
    KLS: X TP 4
    NO ABSEN : 28

    BalasHapus
  34. Nama :Nova Yugo Prasojo
    Kelas:X TP4
    Absen:23

    BalasHapus
  35. Nama:syarif fahri ramadhani
    Kelas:X Tp 4
    No absen:32

    BalasHapus
  36. Nama: Muhammad Luthfi
    Kelas: X TP 4
    No absen: 20

    BalasHapus
  37. Nama:ismail
    Kelas:x tp4
    No absen:16

    BalasHapus
  38. Nama: Luthfi Fauzi yusendar
    Kelas:X TP4

    BalasHapus
  39. Nama:Muhammad Zhuhri Alfandi
    Kelas:X TP 4

    BalasHapus
  40. nama:muhammad Faisal anas
    Kls:xtp4
    Absen:19

    BalasHapus
  41. Nama: ILHAM
    KELAS: X TP 4
    ABSEN: 15

    BalasHapus
  42. Nama : Rendi Kurniawan
    Kelas X TP 4
    Absen : 27

    BalasHapus
  43. Nama : Hamar Syahardi
    Kelas : X TP 4
    Absen : 14

    BalasHapus
  44. Nama:JANI
    Kelas:KI1
    Absen:13

    BalasHapus
  45. Nama :sony faiturahim
    Kelas :X Tp 4
    Absen :31

    BalasHapus
  46. Nama:Ade Kurniawan
    Kelas:xTp4
    Absen:1

    BalasHapus
  47. Nama:Feri Dwiyansyah
    Kelas:X Tp 4
    Absen:12

    BalasHapus
  48. Nama:Feri Dwiyansyah
    Kelas:X Tp 4
    Absen:12

    BalasHapus
  49. Nama:Rama
    Kelas:X TP4
    Absen:26

    BalasHapus
  50. Nama : Danar Satya Yudha
    Kelas : X TP 4
    Absen :

    BalasHapus
  51. Nama:Nabila indrianingsih
    Kelas:X APL 2

    BalasHapus
  52. Nama : Rangga Tri Prayoga
    Kelas : X APL 2
    Absen : 25

    BalasHapus
  53. Nama: Ninda Ayu Sujiana
    Kelas: X APL 2

    BalasHapus
  54. Nama: Manambai Dading Kalbuadi
    Kelas:X APL2
    Absen:15

    BalasHapus
  55. Nama:Ulya Raudhatul Muna
    Kelas:X APL 2
    Absen:35

    BalasHapus
  56. Nama : Silvi Yulia Saharani
    Kelas: X APL 2
    Absen: 30

    BalasHapus
  57. Nama:Tania Yusria
    Kelas: X APL 2
    Absen: 33

    BalasHapus
  58. Nama: Devika silfany
    Kelas: x APL 2
    Absen: 06

    BalasHapus
  59. Nama:Indri Tri Rismadanti
    Kelas:X APL 2
    Absen:12

    BalasHapus
  60. Nama: Tsabitul Azmi
    Kelas:x APL 2

    BalasHapus
  61. Nama: Susan aulia
    Kelas: X APL 2
    Absen: 32

    BalasHapus
  62. Nama : Inosensius Mere Mangu
    Kls : X APL 2
    Absen : 12

    BalasHapus
  63. Nama: Davina Qanitah
    Kelas: X APL 2

    BalasHapus
  64. Nama: Noraishah Azura
    Kelas:X APL2
    Absen:22

    BalasHapus
  65. Nama :Muhammad Rayhan Pasha Ramadhan
    Kelas:X APL 2
    Absen:19

    BalasHapus
  66. Nama : Asih Eqsania Pertiwi
    Kelas: X APL 2
    Absen: 3

    BalasHapus
  67. Nuzhatul husna29 Juli 2020 08.24

    Nama: Nuzhatul Husna
    Kelas: X APL 2

    BalasHapus
  68. Nama : Hesti Marisa Ananda
    Kelas : X Apl 2
    Absen : 10

    BalasHapus
  69. Nama : Hamira
    Kelas : X Apl 2
    Absen : 8

    BalasHapus
  70. Nama: Aini sucia
    Kelas:X APL 2
    Absen:1

    BalasHapus
  71. Nama : Riestha siahaan
    Kelas : X APL 2
    Absen : 27

    BalasHapus
  72. Nama : Muhammad Dzikri Abdillah
    Kelas: X APL 2
    Absen: 18

    BalasHapus
  73. Nama: Ratu Khansa Adilla
    Kelas: X APL 2
    Absen: 26

    BalasHapus
  74. Nama: Syarif Muhammad haykal
    Absen:32
    Kelas:XTP1

    BalasHapus
  75. Nama : antholin chua hokkin
    Absen : 03
    Kelas : X TP 1

    BalasHapus
  76. Nama: Novi Andi Ramadhan
    Absen : 25
    Kelas : X TP 1

    BalasHapus
  77. Nama:Dian Saputra
    Kelas:XTP1
    Absen:8

    BalasHapus
  78. Nama:Muhammad Rafli Andri Fatiha
    Kelas:X TP1
    Absen:21

    BalasHapus
  79. Nama: Aariz Hafid
    Kelas: X TP 1
    Absen: 1

    BalasHapus
  80. Jayadi setiono29 Juli 2020 12.55

    Nama: Jayadi setiono
    Kelas: XTP1
    Abzen: 17

    BalasHapus
  81. Nama cakra tirta dirgantara
    Kelas X T1
    ABSEN 06

    BalasHapus
  82. Nama:Gusti Raihan
    Kelas:X TP 1
    Absen:14

    BalasHapus
  83. Nama cakra tirta dirgantara
    Kelas X T1
    ABSEN 06

    BalasHapus
  84. Nama:Indra Ashari Julianto
    Kelas:X TP 1
    Absen:16

    BalasHapus
  85. Nama : Luthfi Kurniawan
    Kelas: X TP1
    Absen:18

    BalasHapus
  86. Nama: fajar akbar
    Kelas: X TP 1
    Absen: 11

    BalasHapus
  87. Nama : Eka Setiyo Pamuji
    Kelas : X TP 1
    ABSEN : 10

    BalasHapus
  88. Nama : Muhammad Febrian Riadi Rahman
    Kelas : X TP 1
    Absen: 20

    BalasHapus
  89. Nama: Rizki Rahmadan
    Kelas: X TP 1
    absen: 29

    BalasHapus
  90. Nama:Rama Satria
    Kelas:X TP1
    Absen:27

    BalasHapus
  91. Nama:Rifky Novyan Saktya
    Kelas:X TP1
    Absen:28

    BalasHapus
  92. nama : muhammad alief chandra
    kelas : xtp1
    absen : 19

    BalasHapus
  93. Nama:Nabil Nurachmadi
    Kelas:X TP1
    Absen:24

    BalasHapus
  94. nama=feri yanto
    kelas= X TP 1
    ABSEN=13

    BalasHapus
  95. Nama :Robby Apta Abeltian
    Kelas : X TP1
    Absen :31

    BalasHapus
  96. Nama: David Abedsen
    Absen: 7
    Kelas: X TP 1

    BalasHapus
  97. Nama : Apriliandi Dzahirul Ba'asith
    Absen : 04
    Kelas : X TP 1

    BalasHapus
  98. Nama: Vichas Bhadai Khan
    Absen:33
    Kelas X TP1

    BalasHapus
  99. Dio daniel immanuel
    Kelas X TP 1

    BalasHapus
  100. Nama:Aldiko Tofero
    Absen:02
    Kelas: X TP1

    BalasHapus
  101. Nama:Ana putri rohani
    Kelas:X APL 2
    Absen:02

    BalasHapus
  102. Nama:Ana putri rohani
    Kelas:X APL 2
    Absen:02

    BalasHapus
  103. Nama:Putra Affrizal
    No Absen:26
    Kelas:X TP1

    BalasHapus
  104. Nama : Hardian Nurrasyid
    Kelas : X TP1
    No Absen : 15

    BalasHapus
  105. Nama : ARIL SYAHBANDI
    Kelas : X TP1
    No absen : 5

    BalasHapus
  106. Nama : Steven
    Kelas : X TP1
    NO ABSEN : 31

    BalasHapus
  107. Nama : Zenda Peter Al-adhim
    Kelas : X TP 1
    No Absen : 34

    BalasHapus
  108. Nama : Syarif Mahez
    Kelas : X KI 3
    No Absen : 34

    BalasHapus
  109. Nama:Hesti Aulia
    Kelas:X KI 3
    No Absen:11

    BalasHapus
  110. Nama: NAUFAL SHEVA IFTIKHOKOR
    Kelas: X KI 3
    NO ABSEN:23

    BalasHapus
  111. Nama:Reza pratama
    Kelas:X KI 3
    NO Absen:25

    BalasHapus
  112. Nama:Sri Nanda Monasika
    Kelas:x KI 3
    Absen:32

    BalasHapus
  113. Nama : Eren
    Kelas : X KI 3
    Absen : 8

    BalasHapus
  114. Nama:Muhamad Abdur rahim
    Absen:21
    Kelas:X KI2

    BalasHapus
  115. Nama : Irfan Maulana
    Kelas : X KI 3
    absen : 12

    BalasHapus
  116. Nama : Dimas Dhiyaul Haq
    Kelas : X KI 3
    Absen : 7

    BalasHapus
  117. Nama:valentine G Rosa Br Aritonang
    Kelas: X KI 3
    Absen:35

    BalasHapus
  118. Nama:Muhammad Choirun Nizam. Kelas:X KI 3. NoAbsen:18

    BalasHapus
  119. Nama: Marella aprydanti
    Kelas: X KI3
    Absen: 17

    BalasHapus
  120. Nama:Ririn Nurhayati

    Kelas:X KI 3

    Absen:26

    BalasHapus
  121. Nama : Roni
    Kelas : X KI 3
    Absen :29

    BalasHapus
  122. Nama:steven hidayat
    Kelas: X KI 3
    Absen:33

    BalasHapus
  123. Nama :robi juanda
    Kelas: X KI 3
    Absen: 28

    BalasHapus
  124. Nama :Muhammad Ridho Adzandri
    Kelas :X KI 3
    No Absen:21

    BalasHapus
  125. Nama : Lidya Ratu Ludwyana
    Kelas : X KI 3
    Absen : 16

    BalasHapus
  126. Nama: Frederikus Rangga
    Kelas: X KI 3
    Absen: 10

    BalasHapus
  127. Nama:Khalid Raihan
    Kelas:X KI 3
    No absen:15

    BalasHapus
  128. Nama:Deka Akbar Reva
    Kelas:X KI 3
    No Absen:5

    BalasHapus
  129. Nama: Budy Permana
    Kelas: X KI 3
    No absen: 4

    BalasHapus
  130. Nama: Jonathan Gerald Nababan
    Kelas: X KI 3
    No Absen: 14

    BalasHapus
  131. Nama : Alfie Alfaregie Herfyanto
    Kelas : X KI 3
    Absen : 1

    BalasHapus
  132. Nama:Muhammad Fikri Akbar
    Kelas:X KI 3
    Absen:19

    BalasHapus
  133. Nama: Selsi Ramadanila
    Kelas: X KI 2
    Absen: 32

    BalasHapus
  134. Nama:M.fachry akhyar
    Absen:22
    Kelas:XKI2

    BalasHapus
  135. Nama : Mayla Bilbina Atha Huda
    Kelas : X KI 2
    Absen : 20

    BalasHapus
  136. Nama:Nurul Izzati
    Kelas:X KI 2
    Absen:25

    BalasHapus
  137. Nama: Jumiati
    Kelas: X KI 2
    Absen:17

    BalasHapus
  138. nama:rizki ramadhan
    kelas: X KI2
    absen:29

    BalasHapus
  139. Nama:Hamzatu Rusyda
    Kelas:X KI 2
    Absen:11

    BalasHapus
  140. Nama : Evan Tirta
    Kelas: X KI 2
    Absen: 8

    BalasHapus
  141. nama:Angku Damar Wendra
    kelas:X KI 2
    absen:2

    BalasHapus
  142. Nama: Ilman
    Kelas: X KI 2
    Absen: 13

    BalasHapus
  143. Nama: Putri Brilliant Rambu Rabani
    Kelas:X KI 2
    Absen:26

    BalasHapus
  144. Nama:Icha safitri
    Kelas:X KI2
    Absen:12

    BalasHapus
  145. Nama:lyra Virna
    Kelas:X Ki 2
    Absen:19

    BalasHapus
  146. Nama : Shazada Nafi Shafigo
    Kelas: X KI 2
    Absen: 33

    BalasHapus
  147. Nama:Siska Febrianti
    Kelas:X KI2
    Absen:34

    BalasHapus
  148. Nama:Muhamad Abdur rahim
    Kelas:X KI 2
    Absen:21

    BalasHapus
  149. Nama:giska putri andini
    Kelas:X KI2

    BalasHapus
  150. Nama:Lutfi zaini
    Kelas:X KI 2
    Absen:18

    Balas

    BalasHapus
  151. Nama : Joan Arcadia
    Kelas:X KI 2

    BalasHapus
  152. Nama:Rafi Pradipa Putra
    Kelas:X KI2
    Absen:27

    BalasHapus
  153. Nama:Rullan Anggraini
    Kelas:X KI 2
    ABSEN:31

    BalasHapus
  154. Nama: Cariel Marcelino
    Kelas: X KI 2
    Absen: 6

    BalasHapus
  155. Nama: Juliansyah
    Kelas: X KI 2
    Absen: 16

    BalasHapus
  156. Nama:iyus rustini
    Kelas:X KI2
    Absen:14

    BalasHapus
  157. Nama:Bambang Irawan
    Kelas:X Ki 2
    Absen:5

    BalasHapus
  158. Nama:syahbaniah
    Kelas:X KI 2
    Absen:34

    BalasHapus
  159. Nama :Rengga adji Pranaya
    Kelas:X KI 2
    Absen:28

    BalasHapus
  160. Nama:Dede muzakki
    Kelas:X KI 2
    Absen:7

    BalasHapus
  161. Nama: muhammad Apriadi Eka putra
    Kelas:x APL2
    Absen:17

    BalasHapus
  162. Nama: Tsabitul Azmi
    Kelas: x apl 2

    BalasHapus
  163. Nama: Ratu Khansa Adilla
    Kelas: X APL 2

    BalasHapus
  164. Nama: Manambai Dading Kalbuadi
    Kelas:X APL2
    Absen:15

    BalasHapus
  165. Nama : Rizqi Adha
    Kelas : X APL 2
    Absen : 28

    BalasHapus
  166. Nama: Nabila indrianingsih
    Kelas: X APL 2

    BalasHapus
  167. Nama : Hamira
    Kelas : X APL 2
    Absen : 8

    BalasHapus
  168. Nama: Asih Eqsania Pertiwi
    Kelas: X APL 2
    Absen: 3

    BalasHapus
  169. Nama: Davina Qanitah
    Kelas: X APL 2
    Absen: 4

    BalasHapus
  170. Nama : Rangga Tri Prayoga
    Kelas : X APL 2
    Absen : 25

    BalasHapus
  171. Nama:Ana Putri rohani
    Kelas:X APL 2
    Absen:2

    BalasHapus
  172. Nama:Ulya Raudhatul Muna
    Kelas:X APL 2
    Absen:35

    BalasHapus
  173. Nama:Devika Silfany
    Kelas: X APL 2
    Absen: 06

    BalasHapus
  174. Nama:Ninda ayu sujiana
    Kelas:X APL 2
    Absen:21

    BalasHapus
  175. Nama:Sony Armi Dinata
    Kelas:X APL 2
    ABSEN:31

    BalasHapus
  176. NAMA : INOSENSIUS MERE MANGU
    KLS : X APL 2
    ABSEN: 13

    BalasHapus

Silahkan Absen dikomentar ini dengan Format Nama Lengkap dan Kelas.