Kamis, 16 Juli 2020

UNDANG - UNDANG KETENAGAKERJAAN

BAB II
UNDANG UNDANG KETENAGAKERJAAN

Setiap perusahaan memiliki kebijakan masing-masing dalam mengelola karyawan. Akan tetapi, UU Ketenagakerjaan harus tetap dijadikan patokan. Jangan sampai, inovasi dalam rancangan peraturan perusahaan bertentangan dengan UUK.
Undang-undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan terdiri atas 193 pasal. Dari keseluruhan pasal, Gadjian menyajikan ringkasan isi UU Ketenagakerjaan pada ias-topik yang sering kita butuhkan.

A.   Tentang Status Karyawan
UU Ketenagakerjaan No. 13 Tahun 2003 mengatur perjanjian kerja antara karyawan dengan perusahaan, yang akan menentukan  yang bersangkutan dalam perusahaan itu. Perjanjian kerja untuk waktu tertentu (PKWT) mengacu pada karyawan kontrak. Perjanjiannya didasarkan pada jangka waktu tertentu atau selesainya sebuah pekerjaan. Sedangkan perjanjian kerja untuk waktu tidak tertentu (PKWTT) merupakan perjanjian kerja untuk karyawan tetap. Pasal yang mengatur perjanjian kerja untuk karyawan tetap dan karyawan kontrak yakni Pasal 56 – Pasal 60 UU Ketenagakerjaan. Di dalamnya juga dirinci mengenai jenis-jenis pekerjaan yang boleh diserahkan kepada karyawan kontrak (PKWT).

Untuk karyawan kontrak, departemen HR harus selalu memperhatikan kapan kontrak kerja berakhir.

“Perjanjian kerja adalah perjanjian antara pekerja/buruh dengan pengusaha atau pemberi kerja yang memuat syarat syarat kerja, hak, dan kewajiban para pihak.”


B.   UU Ketenagakerjaan Pasal 1 Ayat 14
Perjanjian kerja merupakan suatu ikatan yang harus dipenuhi oleh pekerja/buruh dan perusahaan tempatnya bekerja. Aturan-aturan mengenai perjanjian kerja yang telah ditetapkan oleh pemerintah berfungsi untuk memberikan perlindungan pada kedua belah pihak. Dengan demikian, pertumbuhan ekonomi dapat terjaga, dan kesejahteraan masyarakat dapat tercapai.

Secara ias dan perundang-undangan, dikenal dua perjanjian kerja yaitu Perjanjian Kerja Waktu Tertentu (PKWT) dan Perjanjian Kerja Waktu Tidak Tertentu (PKWTT). Hal ini termaktub pada UU Ketenagakerjaan Pasal 56 yang berbunyi:
1.  Perjanjian kerja dibuat untuk waktu tertentu atau untuk waktu tidak tertentu.
2.  Perjanjian kerja untuk waktu tertentu sebagaimana dimaksud dalam ayat (1) didasarkan atas:
    1. jangka waktu; atau
    2. selesainya suatu pekerjaan tertentu.
Anda pasti tahu perbedaan mendasar antara PKWT dan PKWTT dilihat dari status hubungan kerja dan lama waktu kontrak Namun, apakah Anda tahu apa saja perbedaan lainnya antara PKWT dan PKWTT ?

Berbeda dengan kontrak PKWT yang dibatasi maksimal 3 (tiga) tahun, PKWTT tidak memiliki batasan waktu. Pada PKWTT, perusahaan wajib memberikan pembayaran jika terjadi Pemutusan Hubungan Kerja (PHK), sementara tidak demikian dengan PKWT dikarenakan pekerja PKWT akan berhenti bekerja saat perjanjian berakhir.

Di samping itu, PKWT juga tidak diperbolehkan menetapkan masa percobaan; sedangkan PKWTT boleh mensyaratkan masa percobaan maksimal 3 (tiga) bulan. Terakhir, PKWT harus dibuat kontrak secara tertulis; sedangkan PKWTT dapat dibuat secara lisan, namun harus membuat surat pengangkatan bagi pekerja/buruh yang bersangkutan. Berikut perbedaan isi surat PKWT dan PKWTT.

Kontrak PKWT (Pasal 54)
Surat Pengangkatan PKWTT (Pasal 63)
1.  nama, alamat perusahaan, dan jenis usaha;
2.  nama, jenis kelamin, umur, dan alamat pekerja/buruh;
3.  jabatan atau jenis pekerjaan;
4.  tempat pekerjaan;
5.  besarnya upah dan cara pembayarannya;
6.  syarat syarat kerja yang memuat hak dan kewajiban pengusaha dan pekerja/buruh;
7.  mulai dan jangka waktu berlakunya perjanjian kerja;
8.  tempat dan tanggal perjanjian kerja dibuat; dan
9.  tanda tangan para pihak dalam perjanjian kerja.
1.   nama dan alamat pekerja/buruh;
2.   tanggal mulai bekerja;
3.   jenis pekerjaan; dan
4.   besarnya upah.

C.   Tentang Upah
“Setiap pekerja/buruh berhak memperoleh penghasilan yang memenuhi penghidupan yang layak bagi kemanusiaan”
Untuk mewujudkan Pasal 88 ayat 1 dari UU Ketanagekerjaan di atas, pemerintah kemudian menetapkan kebijakan-kebijakan pengupahan yang meliputi upah minimumupah kerja lembur, upah tidak masuk kerja karena berhalangan, upah tidak masuk kerja karena melakukan kegiatan lain di luar pekerjaan, upah karena menjalankan hak waktu istirahat, dan lain-lain.

Ditekankan pula dalam UU Ketenagakerjaan tersebut bahwa upah untuk pekerja/karyawan tidak boleh lebih rendah dari ketentuan pemerintah. Dalam menetapkan struktur dan skala upah pun perusahaan perlu memperhatikan golongan, jabatan, masa kerja, pendidikan, serta kompetensi para karyawannya. Jika perusahaan kemudian menyusun komponen upah karyawan terdiri atas gaji pokok dan tunjangan tetap, maka persentase gaji pokok minimal 75% dari total upah tetap.

Penghitungan gaji sendiri pada praktiknya biasa dilakukan bersamaan dengan berbagai macam komponen kompensasi dan benefit, misalnya tunjangan kehadiran, upah lembur,BPJS, potongan untuk cicilan kasbon, dan lain-lain.
Berdasarkan UU, upah tidak diberikan jika karyawan tidak melakukan pekerjaannya. Namun, ada beberapa kondisi di mana perusahaan tetap wajib menggaji karyawan yang tidak bekerja. Kondisi-kondisi tersebut, yaitu:
·       Karyawan sakit,
·       Karyawati sakit karena haid pada hari pertama dan kedua,
·       Karyawan menikah, menikahkan, mengkhitankan, membaptiskan anaknya, isteri melahirkan atau keguguran, suami/ isteri/ anak/ menantu/ orang tua/ mertua/ anggota keluarga dalam satu rumah meninggal dunia,
·       Sedang menjalankan kewajiban terhadap iasa,
·       Karyawan menjalankan ibadah agamanya,
·       Karyawan telah bersedia melakukan pekerjaan yang dijanjikan tetapi pengusaha tidak mempekerjakannya, baik karena kesalahan sendiri maupun halangan yang seharusnya dapat dihindari pengusaha,
·       Karyawan melaksanakan hak istirahat,
·       Karyawan melaksanakan tugas serikat pekerja/serikat buruh atas persetujuan pengusaha,
·       Karyawan melaksanakan tugas pendidikan dari perusahaan.
D.   TUNJANGAN HARI RAYA
THR diatur oleh Peraturan Menteri Ketanegakerjaan no 6 tahun 2016 tentang tunjangna hari Raya Keagaaman bagi pekekrja /buruh diperusahaan. Hari raya keagaaman di Indonesia yang dimaksud dalam peraturan menteri ketenagakerjaan tersebut adalah Hari Raya Idhul fitri untuk pekrja yang beragama islam, Hari Raya Natal untuk yang pekekrja beragama katolik dan protestan, Hari Raya Nyepi untuk pekekrja yang beragama Hindu, Dan Hari Raya Waisak untuk pekerja yang beragama Buddha. Hari Raya Imlek untuk pekerja yang beragama Konghucu. Berdasarkan peraturan menteri ketenagakerjaan No 6 tahun 2016 ada 6 point penting yang perlu diketahui tentang THR yakni :

1.     Masa Kerja Pekerja
THR wajib diberikan kepada peekrja yang telah ebekrja minimal 1 bulan diperusahan.Perhitungan untuk peekkrja dnegan amsa kurang dari 12 bulan menapatkan THR sebsesar upah 1 bulan gaji.Peekkrja dnegan masa kerja 1 buan dan kurang dari 1 2 bulan mndapatkan THR dengan perhitungan : Masa kerja dibagi  12   X Upah 1 bulan.Difini “ upah “ yang digunkans ebagai basisi perhitungan THR dapat berbeda beda sesuia dengan kebijksaaan perusahaan. Namun Pada dasarnya perusahaan menggunakans alahs atu besaran berikut sebaagi basis perhitunagan THR :
a.    Hanya Gaji Pokok
b.    Gaji pokok dan tunjangan tetap.
2.Bentuk THR
THR hanya dapat diberikan dalam bentuk uang. Denagn kata lain pemberian THR berupa Voucher, paket sembako, parsel, dan hadiah lainnya tidak dihitung sebagai THR.
  1. Waktu Pemberian THR
Pemberian THR dari perusahan kepada pekerja wajib dilakuan selambat lambatnya 7 hari atau seminggu sebelum lebaran keagaman berlangusng.


  1. THR bagi pekerja yang menundurkan diri.
PKWt / Pekerja kontrak waktu tertentu dan PKWTT /Peekrja kontrak waktu  tidak tertentu  berhak mendapatkan THR jika pemutusan hubungan kerja terjadi 30 hari sebelum hari raya keagaaman . Perdebatan seringkali muncul jika terjadi kasus  pemutusan hubungan kerja dalam waktu yang cukup dekat dengan hari raya keagaaman. Ada baiknya hal tersebut dibahas secara baik baik dengan pihak management dan karyawan yang bersangkutan secara terbuka dan keluargaaan untuk menghindari sengketa lebih lanjut.
5.   Pajak THR
PPH 21 % atas THR hanay dieknakan bagi pkerja yang menapatkan THr diaats pendapatan tidka kena pajak ( PTKP ) yaitu Rp 4,5 jutaperbulan atau 54 juta pertahuan.Jika peekkrja mendapatkan THr kurang dari 4,5 jutamaka peekkrja tersebuttidka dikenakanpajak PPH 21% THR .

Selengkapnya,  Undang Undang Ketenagakerjaan mengatur soal pengupahan  dalam sebelas pasal, yaitu Pasal 88 s.d. 98.


E.   Tentang Lembur
Pasal 77 UU Ketenagakerjaan mengatur waktu kerja karyawan, yaitu selama 40 jam/minggu (7 jam/hari untuk 6 hari kerja, atau 8 jam/hari untuk 5 hari kerja). Selebihnya, perusahaan diwajibkan membayar upah lembur kepada karyawan. Meskipun begitu, UU tersebut juga membatasi waktu kerja lembur karyawan, yaitu maksimal selama 3 jam/ hari dan 14 jam/minggu. Jangan lupa, penugasan untuk bekerja lembur ini pun harus atas persetujuan karyawan yang bersangkutan. Untuk perhitungan upah lembur, sudah banyak perusahaan yang puas hitung lembur dengan Gadjian, sebab prosesnya otomatis dan ias langsung diintegrasikan dalam komponen gaji bulanan.



F.    Tentang Cuti dan Istirahat
Seperti apa aturan cuti itu sendiri di Indonesia ? Dalam Pasal 79 UU Ketenagakerjaan disebutkan bahwa perusahaan diwajibkan memberikan waktu istirahat dan cuti bagi karyawannya. Waktu istirahat dan cuti yang dimaksud adalah sebagai berikut:
·       Istirahat antara jam kerja, minimal 30 menit setelah bekerja selama 4 jam terus menerus. Waktu istirahat ini tidak dihitung sebagai jam kerja;
·       Istirahat mingguan: 1 hari untuk 6 hari kerja/minggu, atau 2 hari untuk 5 hari kerja/minggu;
·  Cuti tahunan minimal 12 hari kerja setelah karyawan bekerja selama 12 (dua belas) bulan terus menerus;
·       Istirahat panjang untuk karyawan yang telah bekerja selama 6 tahun secara terus-menerus pada perusahaan yang sama. Total waktu yang dapat digunakan untuk istirahat panjang minimal 2 bulan, yang dilaksanakan pada tahun ke-7 dan ke-8 bekerja (masing-masing 1 bulan). Dengan diambilnya cuti panjang oleh karyawan, ia tidak berhak lagi atas istirahat tahunannya dalam 2 tahun berjalan. Selanjutnya, hal yang sama berlaku untuk setiap kelipatan masa kerja 6 tahun.
G.   Tentang Hak Karyawan Perempuan
Pasal-pasal yang mengatur tentang hak-hak khusus untuk karyawan perempuan, adalah:
·       Pasal 81, tentang hak bagi karyawan perempuan yang merasakan sakit untuk tidak bekerja pada hari pertama dan kedua masa haid
·       Pasal 82 ayat 1, tentang waktu istirahat untuk karyawati (karyawan perempuan) yang melahirkan
·       Pasal 82 ayat 2, tentang hak waktu istirahat bagi karyawati yang mengalami keguguran
·       Pasal 83, tentang kesempatan bagi karyawati menyusui anaknya


H.    Tentang Tenaga Kerja Asing
Pemerintah Indonesia pun mengatur tentang tenaga kerja asing melalui UU Ketenagakerjaan No. 13 Tahun 2003. Bagi perusahaan yang ingin mempekerjakan tenaga kerja asing, ada beberapa kewajiban yang perlu diketahui, antara lain:
·       Perusahaan wajib terlebih dahulu mendapatkan izin tertulis dari Menteri Ketenagakerjaan atau pejabat yang ditunjuk. Sedangkan pemberi kerja perseorangan (bukan perusahaan) dilarang sama sekali untuk mempekerjakan tenaga kerja asing.
·       Perusahaan wajib memastikan tenaga kerja asing itu dipekerjakan dalam jabatan dan waktu yang sesuai dengan Keputusan Menteri terkait hal tersebut
·       Perusahaan wajib menunjuk tenaga kerja WNI sebagai tenaga pendamping bagi tenaga kerja asing yang dipekerjakan, dengan tujuan alih teknologi dan alih keahlian dari tenaga kerja asing tersebut
·       Perusahaan wajib melaksanakan pendidikan dan pelatihan kerja bagi tenaga kerja Indonesia sesuai dengan kualifikasi jabatan yang diduduki oleh tenaga kerja asing yang sedang dipekerjakan
·       Perusahaan wajib memulangkan tenaga kerja asing ke iasa asalnya setelah hubungan kerjanya berakhir
Lebih lanjut, sebanyak 8 Pasal telah mengatur mengenai keberadaan tenaga kerja asing yang dipekerjakan di Indonesia, yaitu dari Pasal 42 hingga Pasal 49.

Masih ada sejumlah persoalan ketenagakerjaan yang diatur oleh Undang-Undang No. 13 Tahun 2003 selain yang telah dijelaskan di atas. Misalnya, tentang PHK dan uang pesangonsanksi pidana, serta sanksi administrtatif bagi perusahaan yang melanggar UU Ketenagakerjaan. Pengusaha serta praktisi HR harus mempelajari aturan-aturan pemerintah tentang ketenagakerjaan untuk memastikan pengelolaan SDM di perusahaannya tak menuai masalah di kemudian hari.


Sumber : MODUL BK SMK-SMTI Pontianak

113 komentar:

  1. Nama : Adit Septianto
    Kelas : XII TP 1

    BalasHapus
  2. Nama : Dedy Renaldy
    Kelas : XII TP 1

    BalasHapus
  3. Nama:Angela Meisa
    Kelas: XII TP 1

    BalasHapus
  4. Nama:Arif Widodo
    Kelas:XII TP1

    BalasHapus
  5. Nama : Dicky Dermawan
    Kelas: XII TP1

    BalasHapus
  6. Nama:GilangRamadani
    Kelas:XIITP1

    BalasHapus
  7. Nama : rahul lana
    Kelas: Xlltp1

    BalasHapus
  8. Nama : Kelbia Jovanda
    Kelas : XII Tp1

    BalasHapus
  9. Nama : Ega Ananta
    Kelas: XII TP 1

    BalasHapus
  10. Nama:Indra Ramadhan
    Kelas:XII TP 1

    BalasHapus
  11. Nama:Fahrur Rozi
    Kelas:XII TP1

    BalasHapus
  12. Nama: Randi Darmanto
    Kelas: XII TP1

    BalasHapus
  13. Nama:Muhammad Rakha Afrizhal
    Kelas: XII Tp1

    BalasHapus
  14. Nama:Anggi rahadi
    Kelas:XII Tp1

    BalasHapus
  15. Nama : Mishbah Rizky
    Kelas : XII TP1

    Balas

    BalasHapus
  16. Nama : Septian Dwi Satrio
    kelas : XII TP 1

    BalasHapus
  17. Nama : aldi dwi sapta putra
    Kelas : XII TP 1

    BalasHapus
  18. Nama:Rizky Pratama
    Kelas:XII TP2

    BalasHapus
  19. Nama : Reza Amirul Prasetyo
    Kelas : XII TP2

    BalasHapus
  20. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  21. Nama:Muhammad fahrully
    Kelas:XII TP 2

    BalasHapus
  22. Nama:Finanto Valentino
    Kelas:XII TP2

    BalasHapus
  23. Nama:Andi Donato
    Kelas:XII TP2

    BalasHapus
  24. Nama:Andi Donato
    Kelas: XII TP2

    BalasHapus
  25. Nama:alif muzaki
    Kelas:Xlltp2

    BalasHapus
  26. Nama : Wahyu syah putra
    Kelas : XII TP 2

    BalasHapus
  27. Nama : Rony Tri Sauokal
    Kelas: XII TP 2

    BalasHapus
  28. Nama : Ardi Ertama Putra
    Kelas :XII TP2

    BalasHapus
  29. Nama : Claudio Octavianto
    Kelas : XIITP2

    BalasHapus
  30. Nama:Adji Chandra Gunawan
    Kelas:XII TP 2

    BalasHapus
  31. Nama : Fabianus Moling Mahaditio Putra
    Kelas : XIITP2

    BalasHapus
  32. Nama: ihkbal Pangestu
    Kelas:XII TP 2

    BalasHapus
  33. Nama: wibi andika prasetyo
    Kelas:XII TP2

    BalasHapus
  34. Nama: fahrin radhilka
    Kelas: XII Tp2

    BalasHapus
  35. Maeda Indra Gumilang17 Juli 2020 10.27

    NAMA: MAEDA INDRA GUMILANG
    KELAS: XII TP2

    BalasHapus
  36. Nama:Reza Assefa
    Kelas:XII TP 2

    BalasHapus
  37. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  38. Nama:ikomang tirta danu wisesa
    Kelas:XII TP 2

    BalasHapus
  39. Nama:Galih Angga Kusuma
    Kelas:XII TP 2

    BalasHapus
  40. Nama : Arif Maulana
    Kelas: Dll TP3

    BalasHapus
  41. Nama: Yulianus Andre
    Kelas:XII TP3

    BalasHapus
  42. Nama :Kevin
    Kelas:Xll TP 3

    BalasHapus
  43. Nama:Andre maulana
    Kela:XII TP3

    BalasHapus
  44. Nama: Andriyan
    Kelas:XII TP3

    BalasHapus
  45. Nama:yogi ade pangestu
    Kelas:XII TP3

    BalasHapus
  46. Nama:Bartolomeus Barani Sani
    Kelas:XII TP3

    BalasHapus
  47. Nama:Bartolomeus Barani Sani
    Kelas:XII TP3

    BalasHapus
  48. Nama:Rahul Kurniawan
    Kelas:XllTP3

    BalasHapus
  49. Nama:Diwayang Nur Wahyu Ramadhan
    Kelas:XIITP3

    BalasHapus
  50. Nama :Hilmy muhammad faris
    Kelas:XIItp3

    BalasHapus
  51. Nama:asyrofi irzan hamsa
    Kelas:XIItp 2

    BalasHapus
  52. Nama: Agus Setiawan
    Kelas:XIITP3

    BalasHapus
  53. Nama selpi putri
    Kelas X KI 3

    BalasHapus
  54. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  55. Nama: robi juanda
    Kelas:X KI 3

    BalasHapus
  56. Nama:Ririn Nurhayati
    Kelas:X KI 3

    BalasHapus
  57. Rizky Pratama
    Kelas:XII TP 2

    BalasHapus
  58. Marwanto
    Kelas: XII TP 2

    BalasHapus
  59. Bayu Erwan Anugrah
    Kelas:XII TP 3

    BalasHapus
  60. Reza Amirul Prasetyo
    Kelas: XII TP2

    BalasHapus
  61. Asyrofi irzan hamsa
    Kelas:XII tp 2

    BalasHapus
  62. Fridiawan Catur
    Kelas : XII TP2

    BalasHapus
  63. Arif Maulana
    Kelas : XII TP1

    BalasHapus
  64. Arif Maulana
    Kelas : XII TP 3

    BalasHapus
  65. 23 juli 2020 10.40
    Giri akbar tri fatwa
    Kls:Xlltp 2

    BalasHapus
  66. Nama : Kevin
    Kelas: Xll TP 3

    BalasHapus
  67. Nama : Claudio octavianto
    Kelas : XIITP2

    BalasHapus
  68. Andi Donato
    Kelas:XIITP2

    BalasHapus
  69. Nama : Wahyu syah putra
    Kls : XII tp 2

    BalasHapus
  70. Nama: ihkbal Pangestu
    Kelas:Xll tp 2

    BalasHapus
  71. Nama : fahrin radhilka
    Kelas: XII TP2

    BalasHapus
  72. Nama:wibi andika prasetyo
    Kelas:XII tp2

    BalasHapus
  73. NAMA :ARDI ERTANA PUTRA
    KELAS :XII TP 2

    BalasHapus
  74. Nama: Muhammad Farhan
    Kelas:XII TP3

    BalasHapus
  75. Nama:Galih Angga Kusuma
    Kelas:XII TP 2

    BalasHapus
  76. Nama : pilif afillio
    Kelas : XII TP3

    BalasHapus
  77. Nama : Rony Tri Sauokal
    Kelas: XII TP 2

    BalasHapus
  78. Nama: Yulianus Andre
    Kelas: XII TP3

    BalasHapus
  79. Nama; nabila Putri Ramadhania
    Kls;X Ki 1

    BalasHapus
  80. nama : Mawar nabila
    kelas : x ki1

    BalasHapus
  81. Nama: Rahul Kurniawan
    Kelas:Xll TP3

    BalasHapus
  82. NAMA: MAEDA INDRA GUMILANG
    KELAS: XII TP2

    BalasHapus
  83. Nama : Gregorius Ezra
    Kelas: XII TP 2

    BalasHapus
  84. NAMA:HANDOKO TRI WIBOWO
    KELAS:X ki1

    BalasHapus
  85. Nama:Finanto Valentino
    Kelas:XII TP 2

    BalasHapus
  86. Nama : Hilmy muhammad faris
    Kelas: XII TP 3

    BalasHapus
  87. Nama : Bartolomeus Barani Sani
    Kelas : XII TP 3

    BalasHapus
  88. Nama:adji chandra Gunawan
    Kelas:XII TP2

    BalasHapus
  89. Nama : Muhammad Vio Khadafi
    Kelas : XII TP 3

    BalasHapus
  90. Nama : yuli tri atmojo
    Kelas: XII tp3

    BalasHapus
  91. Nama:Reza Assefa
    Kelas:XII TP 2

    BalasHapus
  92. Nama:Fadillah Rahman
    Kelas:XII Tp2

    BalasHapus
  93. Nama:samania rizkika Vidyanata
    Kelas:x KI 1

    BalasHapus
  94. 23 Juli 2020 12.51
    Nama:Samania Rizkika vidyanata
    Kelas:X KI 1

    BalasHapus
  95. Nama: nur hidayad
    Kelas: X KI 1

    BalasHapus
  96. Nama : Fabianus Moling Mahaditio Putra
    Kelas : XII TP2

    BalasHapus
  97. 23 Juli 2020
    nama:Samania rizkika Vidyanata
    Kelas:X KI 1

    BalasHapus
  98. Nama: Syahrul Aprilian Saputra
    Kelas :XII Tp 3

    BalasHapus
  99. NAMA: Muhammad Arya Maulana
    Kelas: XII

    BalasHapus
  100. Nama: Tri Ardyan Kurnia putra
    Kelas:XII TP3

    BalasHapus
  101. Nama: Andriyan
    Kelas:XII TP3

    BalasHapus
  102. Nama:yogi ade pangestu
    Kelas:XIItp 3

    BalasHapus
  103. Nama : Agus Setiawan
    Kelas : XII TP3

    BalasHapus
  104. Website paling ternama dan paling terpercaya di Asia
    Sistem pelayanan 24 Jam Non-Stop bersama dengan CS Berpengalaman respon tercepat
    Memiliki 9 Jenis game yang sangat digemari oleh seluruh peminat poker / domino
    Link Alternatif :
    www.arenakartu.cc
    100% Memuaskan ^-^

    BalasHapus
  105. Nama: Nurhasanah
    Kelas: XII KI 1

    BalasHapus

Silahkan Absen dikomentar ini dengan Format Nama Lengkap dan Kelas.