Rabu, 07 Juli 2021

DUNIA KERJA


A.   Pengertian Dunia Kerja
Kerja merupakan kebutuhan manusia, orang bekerja karena ada suatu yang hendak ia capai, dan orang berharap bahwa dengan bekerja melalui aktifitas tersebut akan membawa mereka kepada suatu keadaan yang lebih baik dan memuaskan bagi dirinya. Pekerjaan adalah sumber penghasilan dan juga suatu kesempatan mengembangkan diri untuk berbakti. Sebagai suatu kesempatan maka pekerjaan hendaknya tidak disia-siakan dan harus dimanfaatkan sebaik-baiknya. Sebab tidak semua siswa melanjutkan studi ke jenjang pendidikan tinggi yaitu Perguruan Tinggi.

B.   Cara menghadapi dunia kerja
Dunia kerja merupakan titik awal di mana Anda memulai tantangan hidup yang sesungguhnya. Memiliki pekerjaan tetap dengan gaji yang lebih dari cukup adalah impian setiap orang. Oleh karena itu, untuk memenuhi kebutuhan hidup dan hidup yang lebih baik, Anda harus serius dalam menempuh karir dan merencanakan masa depan Anda. Untuk mencapai kesuksesan ini, usaha dan kerja keras saja tidaklah cukup, Anda juga membutuhkan mental yang kuat dan pemikiran yang matang.
Bagi lulusan SMK yang tidak ingin menganggur, maka setelah lulusan dari SMK dapat memilih salah satu kegiatan lanjutan, salah satunya yaitu langsung memilih dunia kerja. Namun dalam setiap keputusan lulusan SMK yang menetapkan untuk langsung bekerja, masih juga berpikir, bagaimana cara kita menghadapi dunia kerja? dan pekerjaan seperti apakah yang hendak saya pilih? Maka setiap lulusan SMK maupun kalangan secara umum bisa mencoba mencari informasi tentang lowongan pekerjaan. Memang tidak bisa langsung kita yakin akan mendapat suatu pekerjaan, tapi setidaknya dalam mencari bursa kerja seperti yang diinginkan pastinya anda tidak kesulitan.


Sebelum Anda memasuki dunia kerja yang sesungguhnya, berikut adalah 3 hal yang perlu Anda ketahui dan butuhkan dari dunia kerja.
1.      Skill / Keahlian
Skill adalah hal mutlak yang harus Anda miliki sebelum melamar pekerjaan. Dengan keahlian yang Anda miliki, Anda dapat menentukan pekerjaan apa yang cocok dan sesuai dengan apa yang Anda bisa. Memang dunia kerja merupakan tempat yang bisa membuat kita belajar dan mendapatkan pengalaman. Tetapi poinnya bukan itu. Dunia kerja merupakan sebuah persaingan, di mana Anda harus berkembang dari kemampuan Anda yang sebelumnya untuk mencapai kesuksesan. Jika Anda tidak memiliki keahlian / sesuatu yang Anda bisa, Anda tidak mungkin dapat diterima di suatu perusahaan. Jika Anda masih bingung apa keahlian Anda, coba kenali diri Anda yang sesungguhnya dari apa yang Anda suka dan Anda bisa, Anda harus menemukan 1-2 hal yang Anda kuasai karena hal tersebut pasti ada dalam diri Anda.
2.      Karakter.
Apakah Anda pernah mendengar istilah workforce diversityWorkforce diversity adalah perbedaan-perbedaan yang terjadi di dalam dunia kerja berdasarkan umur, latar belakang, budaya, ras, agama, jenis kelamin, dan sebagainya. Di dalam perbedaan-perbedaan itu, terdapat juga perbedaan karakter. Dalam dunia kerja, Anda harus memahami karakter setiap orang dengan seksama agar Anda dapat beradaptasi dengan mudah di tempat kerja baru. Selain karakter orang lain, Anda juga perlu memiliki karakter yang baik, ramah, serta terbuka akan segala situasi dan kondisi. Karakter setiap orang di dunia kerja sangatlah beragam, maka suka atau tidak suka, Anda harus bisa menghadapi orang-orang seperti itu. Di sinilah mengapa mental Anda harus kuat.
3.      Lingkungan Kerja

Kantor merupakan tempat Anda menghabiskan sepertiga hidup Anda. Hampir setiap harinya Anda harus bekerja di sana, oleh karena itu Anda harus memperlakukan lingkungan kerja anda sebagai rumah kedua Anda, dan rekan kerja adalah keluarga Anda. Anda akan bekerja sama dengan banyak orang untuk mewujudkan visi & misi perusahaan, oleh karena itu Anda harus bisa beradaptasi bukan hanya pada rekan-rekan kerja Anda, begitu juga tempat kerja Anda karena setiap lingkungan kerja memiliki budaya yang berbeda-beda yang belum tentu Anda sukai. Jika Anda tidak nyaman di tempat kerja Anda, dampaknya bukan hanya pada Anda, tetapi juga pada perusahaan karena hasil kerja yang menurun atau tidak memuaskan.



Beberapa tips menghadapi dunia kerja yang harus diperhatikan:

• Luangkan waktu untuk mengistirahatkan otak.
Sudah bekerja keras untuk meraih Kelulusan. Jika hal ini dilakukan oleh kebanyakan para lulusan SMK yang telah menjalani ujian maka tidak perlu langsung menjalani suatu pekerjaan. Sebab dimana otak itu bekerja, perlu juga mengistirahatkan otak tersebut. Diri memang menuntut untuk lulus kuliah lansung bekerja, dan tidak ingin ada kata menganggur, namun dalam hidup, tidak harus memberi target seperti itu sebab semakin diri memberi batas atau mentargetkan diri. Hal tersebut justru semakin membuat orang tersebut nantinya tidak akan bisa bekerja secara optimal. Mengapa bisa begitu? karena seringnya otak yang bekerja tanpa batas istirahat. maka dari itu, jika para lulusan SMK bagi yang ingin langsung melanjutkan diri untuk memasuki dunia kerja, boleh dilakukan asal dengan pertimbangan memberi batas diri untuk tidak memaksa diri dalam meraih suatu keberhasilan yaitu bekerja tanpa batas.

• Siapkan diri dengan motivasi untuk menghadapi yang akan terjadi setelah Lulus.
Tiap siswa yang akan menamatkan diri kejenjang pendidikan akhir, selalu mempunyai pikiran dan angan-angan yaitu ada yang ingin lulus SMK langsung kerja, ada yang ingin melanjutkan kuliah. Semua itu tergantung pada diri orang tersebut. Motivasi disini perlu ditanamkan pada setiap orang dalam melakukan segala sesuatu demi kelancaran/ kesuksesan yang ingin mereka raih.

• Buat daftar pekerjaan yang anda inginkan. 
Sebelum memutuskan suatu keputusan langsung bekerja, ada kalanya anda perlu membuat daftar pekerjaan yang sebelumnya anda inginkan. Terkait anda ingin memilih suatu pekerjaan, hendaknya anda memilih dan memilah-milah jenis-jenis pekerjaan yang benar-benar sesuai dengan bakat anda. Jangan anda memilih suatu pekerjaan yang menurut anda tidak sesuai dengan bakat anda. Hal tersebut bisa membuat anda melakukan kesalahan fatal dalam hidup anda, dimana yang nantinya membuat anda tidak semangat bekerja dan akhirnya anda membuang kesempatan itu dalam meraih kesuksesan yang seperti anda harapkan.

• Jangan malu meminta nasihat orang sukses atau orang yang lebih tua. 
Malu bertanya sesat dijalan”. Syair pantun tersebut juga mengingatkan kita agar tidak malu meminta nasihat orang yang telah sukses maupun orang yang lebih berpengalaman dari anda. Ada baiknya kita semakin luas mencari informasi tentang dunia pekerjaan, semakin mudah nantinya dapat belajar dari orang yang berpengalaman. Hal itu bisa dilakukan tukar pikiran pada orang yang pernah lebih dulu bekerja dari kita. Seperti apakah kita harus bekerja? Bagaimanakah kita harus bekerja ditempat tersebut? Semua itu bisa membantu kita mengenal pekerjaan kita, yang nantinya akan memudahkan dalam menjalani suatu pekerjaan tersebut. Karena itu tidak salah untuk meminta nasihat pada orang yang telah berpengalaman banyak dalam dunia pekerjaan.

• Hadapi dengan sabar, tabah dan tawakal. 
Dalam menjalani suatu pekerjaan, jika menghadapi suatu kesukaran atau kesulitan maka anda harus bisa menghadapi dengan sabar, tabah dan tawakal. Sebab dunia kerja tidak lepas yang namanya kesulitan. Perlu juga mental yang kuat dalam menghadapi musibah dalam dunia kerja. Kesulitan dalam dunia kerja bisa bermacam-macam antara lain seperti rekan kerja saling menjatuhkan, pemimpin perusahaan yang tidak bertanggung jawab, tugas menumpuk. Jika semua bisa dihadapi dengan sabar, tabah dan tawakal serta tidak lupa berdoa, semua akan bisa terkendali secara bertahap.

C. KIAT SUKSES DALAM DUNIA KERJA

1) Pandai mencari peluang sebanyak mungkin
2) Jangan pernah ragu dalam mengirimkan surat lamaran kerja pada perusahaan yang diminati.
3) Cermati hal penting seputar dunia kerja, terutama bagi yang masih belum ada pengalaman kerja atau pemula.
4) Promosikan diri sebaik-baiknya, pada saat mengirimkan lamaran pekerjaan.
5) Kenali jenis pekerjaan, posisi serta gaji yang ingin didapatkan.
6) Coba anda jujur pada diri sendiri saat anda melakukan analisa tersebut.

234 komentar:

  1. Rizky armi saputra
    XI tp 2

    BalasHapus
  2. Riko Tri Apriyanto
    XI TP 2

    BalasHapus
  3. Muhammad Fachrezi Mauladiawan
    XI TP2

    BalasHapus
  4. Muhammad Ilham Arrizqi
    XI TP2

    BalasHapus
  5. Muhammad Ilham Arrizqi
    XI TP2

    BalasHapus
  6. Bima Eka Putra Prayudha
    XI TP 2

    BalasHapus
  7. Alfi Meidiana Putri
    XI KI 1

    BalasHapus
  8. Mellyana Alexandria XI KI 1

    BalasHapus
  9. Indah Tantri Sangka XI KI 1

    BalasHapus
  10. Ridho nur risandi XI KI 1

    BalasHapus
  11. 5 Agustus 2020 10:40
    Rugaya Laila qadriah XI KI 1

    BalasHapus
  12. Nabila Rahmadani
    XI APL 2

    BalasHapus
  13. Mutiara Rengganis
    XI APL 2

    BalasHapus
  14. Ruli fitrianingsih
    XI APL 2

    BalasHapus
  15. berliana husna ary dwi widuri
    XI APL 2

    BalasHapus
  16. Christoforus Dimas
    XI APL 2

    BalasHapus
  17. Saskya Khairani XI APL 2

    BalasHapus
  18. Noni fadila aulya rahman
    Xl apl 2

    BalasHapus
  19. Prasetya Arief Pangestu
    XI TP1

    BalasHapus
  20. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  21. Rahmat Viqi Aditiya
    XI TP 1

    BalasHapus
  22. Dhimas Abriyansyah
    XI TP1

    BalasHapus
  23. Pramudya Wira Putra
    XI TP1

    BalasHapus
  24. Fakhrialfathir6 Agustus 2020 11.08

    Fakhrialfathir XI tp1

    BalasHapus
  25. Luthfi Alfito Darmansyah
    XI TP1

    BalasHapus
  26. Ali Aini Basuki Mula Putra
    XI TP 1

    BalasHapus
  27. Dicky wahyu pratama
    XI TP1

    BalasHapus
  28. Naziril ilham Mubarok XI TP1

    BalasHapus
  29. Nama:Tina hermawati
    Kelas:XI APL 1

    BalasHapus
  30. Nama : ayu diah lestari
    Kelas : XI apl 1
    Hadirr

    BalasHapus
  31. Nama : Mega Saputri
    Kelas : XI APL 1
    HADITR

    BalasHapus
  32. Nama : amar mufid
    Kelas : XI APL 1
    HADIR

    BalasHapus
  33. Nama: Sri Putriani
    Kelas: XI APL 1
    HADIR

    BalasHapus
  34. Nama : Resti Prisilia
    Kelas: 11 APL 1
    HADIR

    BalasHapus
  35. Nama: Nabilla Ummul Saleha Wati
    Kelas: XI APL 1
    HADIR

    BalasHapus
  36. Nama: AZKA ANISA ZAHRA
    Kelas : XI APL 1
    HADIR

    BalasHapus
  37. Nama : FITRI WULANDARI
    Kelas : XI APL 1
    HADIR

    BalasHapus
  38. Nama :Gita Naomi Azalia
    Kelas : XI Apl 1
    Hadirr

    BalasHapus
  39. Nama :Dharmaul Husnawati
    Kelas : XI APL 1
    HADIR

    BalasHapus
  40. Nama :Dharmaul Husnawati
    Kelas : XI APL 1
    HADIR

    BalasHapus
  41. Nama :Dharmaul Husnawati
    Kelas : XI APL 1
    HADIR

    BalasHapus
  42. Nama:Jihaan abidah
    Kelas:XI APL1
    HADIR

    BalasHapus
  43. Nama:Jihaan abidah
    Kelas:XI APL1
    HADIR

    BalasHapus
  44. Nama : Dian Safira
    Kelas: XI APL 1
    HADIR

    BalasHapus
  45. Nama: ananda tri wanda
    Kelas:XI APP 1

    BalasHapus
  46. Nama :Andini tri ppeliasari
    Kelas:XI APL 1

    BalasHapus
  47. Nama: Silvia Ramadhani
    Kelas: XI APL 1

    BalasHapus
  48. Nama: Diana
    Kelas : XI APL 1

    BalasHapus
  49. Nama:Dede Damayanti
    Kelas:XI APL 1

    BalasHapus
  50. Nama:Dede Damayanti
    Kelas:XI APL 1

    BalasHapus
  51. Nama: Charlestianus Yulius Kaka
    Kelas: X APL 1

    BalasHapus
  52. Nama:Tina hermawati
    Kelas:XI APL 1

    BalasHapus
  53. Nama : Jihaan abidah chaidi
    Kelas:XI APL1

    BalasHapus
  54. Nama : Dian safira
    Kelas : XI APL 1

    BalasHapus
  55. Nama : Sri Putriani
    Kelas: XI APL 1

    BalasHapus
  56. Nama:Vanessa Meipriola
    Kelas:XI APL 1

    BalasHapus
  57. Nama : Fitri Wulandari
    Kelas : XI APL 1

    BalasHapus
  58. Nama: ananda tri wandari
    Kelas: XI APL 1

    BalasHapus
  59. Nama : Mega Saputri
    Kelas : XI APL1

    BalasHapus
  60. Nama : Ayu Diah Lestari
    Kelas : XI APL 1

    BalasHapus
  61. Nama : Diana
    Kelas : XI APL 1

    BalasHapus
  62. Nama : amar mufid
    Kelas : XI APL 1

    BalasHapus
  63. Nama:Andini tri peliasari
    Kelas:XI APL 1

    BalasHapus
  64. Nama: Dede Damayanti
    Kelas: XI APL 1

    BalasHapus
  65. NAMA : RESTI PRISILIA
    KELAS : 11 APL 1

    BalasHapus
  66. Nama: Zulfa Izzati
    Kelas:XI APL 1

    BalasHapus
  67. Nama : Gunawan
    Kelas : XI TP1

    BalasHapus
  68. Nama: Muhammad Rayhan Pasha Ramadhan
    Kelas:XI APL 2

    BalasHapus
  69. Nama : Susan Aulia
    Kelas : XI APL 2

    BalasHapus
  70. Nama: Asih Eqsania Pertiwi
    Kelas: XI APL 2

    BalasHapus
  71. Nama:khairunnisa fitria
    Kelas:XI apl 2

    BalasHapus
  72. Nama: Indri Tri Rismadanti
    Kelas:XI APL 2

    BalasHapus
  73. Nama: Tsabitul Azmi
    Kelas: XI APL 2

    BalasHapus
  74. Nama: indah indriarti
    Kelas: XI APL 2

    BalasHapus
  75. Nama : Willy Cristiano Saputra
    Kelas : XI APL 2

    BalasHapus
  76. Nama: Davina Qanitah
    Kelas: XI APL 2

    BalasHapus
  77. Nama: Tania Yusria
    Kls : XI Apl 2

    BalasHapus
  78. Nama : Manambai Dading Kalbuadi
    Kelas: XI APL 2

    BalasHapus
  79. Nama : Nabila indrianingsih
    Kelas : XI APL 2

    BalasHapus
  80. Nama: Ratu Khansa Adilla
    Kelas: XI APL 2

    BalasHapus
  81. Nama : Muhammad Dzikri Abdillah
    Kelas : XI APL 2

    BalasHapus
  82. Nama:Sabad Tri FitriYana
    Kelas:XI APL2

    BalasHapus
  83. Nama:Delvia Amanda
    Kelas:XI APL 2

    BalasHapus
  84. Nama: Aini Sucia
    Kelas:XI APL 2

    BalasHapus
  85. Nama : Hamira
    Kelas : XI APL 2

    BalasHapus
  86. Nama ; Inosensius Mere Mangu
    Kelas : XI APL 2

    BalasHapus
  87. Nama : Devika silfany
    Kelas : XI APL 2

    BalasHapus
  88. Nama : Geovani Baptista Rossi Tandri
    Kelas : XI APL 2

    BalasHapus
  89. Nama : Riestha a.o siahaan
    Kelas : XI APL 2

    BalasHapus
  90. Nama : Ninda ayu sujiana
    Kelas : XI APL 2

    BalasHapus
  91. Nama: Ana putri rohan
    Kelas: Xl APL 2

    BalasHapus
  92. Nama: Nuzhatul Husna
    Kelas: XI APL 2

    BalasHapus
  93. Nama: Ulya raudhatul muna
    Kelas: XI APL 2

    BalasHapus
  94. Silvi Yulia Saharani
    XI APL 2

    BalasHapus
  95. Nama:Sony Armi Dinata
    Kelas:XI APL 2

    BalasHapus
  96. NAMA: RAHMI SUJIATI
    KELAS : XI APL2

    BalasHapus
  97. Nama: Willy Andreas Siregar
    Kelas:XI APL 1

    BalasHapus
  98. Nama:Dwi agustini
    Kls:XI APL 1

    BalasHapus
  99. nama : nyemas intan apriani
    kela : XI APL 1

    BalasHapus
  100. Nama : Agnes Monica
    Kelas : XI Apl 1

    BalasHapus
  101. Nama: kaynaya Eka Pratiwi
    Kelas:XI APL 1

    BalasHapus
  102. Nama :Hendri
    Kelas:XI APL 1

    BalasHapus
  103. Nama : Shafa Narishwari
    Kelas : XI APL 1

    BalasHapus
  104. Nama : Feby Chairunnisya
    Kelas : XI APL 1

    BalasHapus
  105. Nama: Putri Ayu Sulastri
    Kelas: XI APL 1

    BalasHapus
  106. Nama:Raras
    Kelas:XI APL 1

    BalasHapus
  107. Nama: Inaya Syifa Azzahra
    Kelas: XI APL 1

    BalasHapus
  108. Nama:cici cici purnamasari
    Kelas:XI APL 1

    BalasHapus
  109. Nama:Rasya Saifullah Gunawan
    Jelas:XI APL1

    BalasHapus
  110. Nama:Richie Annisa Salsabilla
    Kelas:XI

    BalasHapus
  111. Nama:Talitha Syakirah Atthaya Zaki
    Kelas:XI APL 1

    BalasHapus
  112. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  113. Nama : Muhammad Abil Saputra
    Kelas : XI APL 1

    BalasHapus
  114. Nama:Dea Margi wahyuni
    Kelas:XI apl1

    BalasHapus
  115. Nama:Tasyah Amelia
    Kelas:XI APL 1

    BalasHapus
  116. Nama: Annas Fitra Novrian
    Kelas:XI APL1

    BalasHapus
  117. Nama medina septia
    kelas xi apl 1

    BalasHapus
  118. Nama : Nabila Syifa Hanifah
    Kelas : XI APL 1

    BalasHapus
  119. Nama: Novdita anatasya
    Kelas: XI APL 1

    BalasHapus
  120. Nama : deva aulia
    kelas : XI APL 1

    BalasHapus
  121. Nama: yolanda maesa putri
    Kelas:XI APL 1

    BalasHapus
  122. Nama:iqbal zariant rafi'i
    Kelas XI apl 1

    BalasHapus
  123. Nama : Syahari Ramadhan
    Kelas : XI TP 3

    BalasHapus
  124. Nama : Nazzain Rohaizan Fawake
    Kelas : XI TP3





    BalasHapus
  125. Nama:VALENTINO ROSSI PRATAMA
    Kelas XI TP3

    BalasHapus
  126. Fadhil Pratama29 Juli 2021 08.52

    Nama:Fadhil Pratama
    Kelas:XI TP3

    BalasHapus

Silahkan Absen dikomentar ini dengan Format Nama Lengkap dan Kelas.