Kamis, 04 November 2021

Konsep Diri Remaja

A. PENGERTIAN KONSEP DIRI


Menurut William D.Brooks (dalam Rahkmat, 2005:105) bahwa dalam menilai dirinya seseorang ada yang menilai positif dan ada yang menilai ocialr. Maksudnya individu tersebut ada yang mempunyai konsep diri yang positif dan ada yang mempunyai konsep diri yang ocialr.

B. TANDA INDIVIDU YANG MEMPUNYAI KONSEP DIRI POSITIF :

        Yakin akan kemampuan dalam mengatasi masalah. Orang ini mempunyai rasa percaya diri sehingga merasa mampu dan yakin untuk mengatasi masalah yang dihadapi, tidak lari dari masalah, dan percaya bahwa setiap masalah pasti ada jalan keluarnya.
Merasa setara dengan orang lain. Ia selalu merendah diri, tidak sombong, mencela atau meremehkan siapapun, selalu menghargai orang lain.
 
        Menerima pujian tanpa rasa malu. Ia menerima pujian tanpa rasa malu tanpa menghilangkan rasa merendah diri, jadi meskipun ia menerima pujian ia tidak membanggakan dirinya apalagi meremehkan orang lain.
 
        Menyadari bahwa setiap orang mempunyai berbagai perasaan dan keinginan serta perilaku yang tidak seharusnya disetujui oleh masyarakat. Ia peka terhadap perasaan orang lain sehingga akan menghargai perasaan orang lain meskipun kadang tidak di setujui oleh masyarakat.
 
        Mampu memperbaiki karena ia sanggup mengungkapkan aspek-aspek kepribadian tidak disenangi dan berusaha mengubahnya. Ia mampu untuk mengintrospeksi dirinya sendiri sebelum menginstrospeksi orang lain, dan mampu untuk mengubahnya menjadi lebih baik agar diterima di lingkungannya.
 
        Dasar konsep diri positif adalah penerimaan diri. Kualitas ini lebih mengarah kekerendahan hati dan kekedermawanan dari pada keangkuhan dan keegoisan. Orang yang mengenal dirinya dengan baik merupakan orang yang mempunyai konsep diri yang positif.

C. TANDA-TANDA INDIVIDU YANG MEMPUNYAI KONSEP DIRI NEGATIF :

1. Peka terhadap kritik. Orang ini sangat tidak tahan kritik yang diterimanya dan mudah marah atau naik pitam, hal ini berarti dilihat dari ocial yang mempengaruhi dari individu tersebut belum dapat mengendalikan emosinya, sehingga kritikan dianggap sebagi hal yang salah. Bagi orang seperti ini koreksi sering dipersepsi sebagai usaha untuk menjatuhkan harga dirinya. Dalam berkomunikasi orang yang memiliki konsep diri ocialr cenderung menghindari dialog yang terbuka, dan bersikeras mempertahankan pendapatnya dengan berbagai logika yang keliru.
 
2. Responsif sekali terhadap pujian. Walaupun ia mungkin berpura-pura menghindari pujian, ia tidak dapat menyembunyikan antusiasmenya pada waktu menerima pujian. Buat orang seperti ini, segala macam embel-embel yang menjunjung harga dirinya menjadi pusat perhatian. Bersamaan dengan kesenangannya terhadap pujian, merekapun hiperkritis terhadap orang lain.
 
3. Cenderung bersikap hiperkritis. Ia selalu mengeluh, mencela atau meremehkan apapun dan siapapun. Mereka tidak pandai dan tidak sanggup mengungkapkan penghargaan atau pengakuan pada kelebihan orang lain.
 
4. Cenderung merasa tidak disenangi oleh orang lain. Ia merasa tidak diperhatikan, karena itulah ia bereaksi pada orang lain sebagai musuh, sehingga tidak dapat melahirkan kehangatan dan keakraban persahabatan, berarti individu tersebut merasa rendah diri atau bahkan berperilaku yang tidak disenangi, misalkan membenci, mencela atau bahkan yang melibatkan fisik yaitu mengajak berkelahi (bermusuhan).
 
5. Bersikap psimis terhadap kompetisi. Hal ini terungkap dalam keengganannya untuk bersaing dengan orang lain dalam membuat prestasi. Ia akan menganggap tidak akan berdaya melawan persaingan yang merugikan dirinya. Pernyataan lain menyebutkan bahwa individu yang memiliki konsep diri ocialr maupun positif memiliki ocia-ciri sebagai berikut : (Rini, 2002:http://www.e-psikologi./com/dewasa/1670502.htp).


        Individu yang memiliki konsep diri negatif meyakini dan memandang bahwa dirinya lemah, tidak berdaya, tidak dapat berbuat apa-apa, tidak kompeten, gagal, malang, tidak menarik, tidak disukai dan kehilangan daya tarik terhadap hidup. Individu ini akan cenderung bersikap psimistik terhadap kehidupan dan kesempatan yang dihadapinya. Ia tidak melihat tantangan sebagai kesempatan, namun lebih sebagai halangan. Individu yang memiliki konsep diri ocialr akan mudah menyerah sebelum berperang dan jika ia mengalami kegagalan akan menyalahkan diri sendiri maupun menyalahkan orang lain.
 
        Individu yang memiliki konsep diri positif akan bersikap optimis, percaya diri sendiri dan selalu bersikap positif terhadap segala sesuatu, juga terhadap kegagalan yang dialami. Kegagalan tidak dipandang sebagai akhir segalanya, namun dijadikan sebagai penemuan dan pelajaran berharga untuk melangkah kedepan. Individu yang memiliki konsep diri positif akan mampu menghargai dirinya sendiri dan melihat hal-hal yang positif yang dapat dilakukan demi keberhasilan di masa yang akan ocial.

        Dengan melihat uraian di atas maka dapat disimpulkan bahwa karakteristik konsep diri dapat dibedakan menjadi dua yaitu konsep diri positif dan konsep diri ocialr, yang mana keduanya memiliki ocia-ciri yang sangat berbeda antara ocia karakteristik konsep diri positif dan karakteristik konsep diri yang ocialr.

        Individu yang memiliki konsep diri positif dalam segala sesuatunya akan menanggapinya secara positif, dapat memahami dan menerima sejumlah fakta yang sangat bermacam-macam tentang dirinya sendiri. Ia akan percaya diri, akan bersikap yakin dalam bertindak dan berperilaku. Sedangkan individu yang memiliki konsep diri ocialr akan menanggapi segala sesuatu dengan pandangan ocialr pula, dia akan mengubah terus menerus konsep dirinya atau melindungi konsep dirinya itu secara kokoh dengan cara mengubah atau menolak informasi baru dar lingkungannya.

D. FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KONSEP DIRI

        Adapun teori yang mengungkapan bahwa terbentuknya konsep diri seseorang berasal dari interaksinya dengan orang lain. Selain dari pembentukan, setiap individu akan memiliki tanggapan yang jelas dan juga pantas. Dimana cermin menilai ini bisa dijadikan introspeksi diri dan lainnya. Nah, apa saja yang menjadi faktor mempengaruhi konsep diri ?

1. Orang Sekitar Anda

Faktanya, tidak semua individu memberikan pengaruh apalagi pengaruh yang besar yang sama terhadap diri kita. Anda bisa bayangkan bagaimana anda bisa berubah jika setiap bertemu individu baru anda akan terpengaruh. Semua pasti ada batasannya.

Adapun yang biasanya bisa memberikan pengaruh yaitu orang-orang yang paling dekat dengan kita ataupun mereka yang ada disekitar anda. Dalam dunia psikologi disebut sebagai significant others. Siapa saja mereka ? orang tua, saudara dan orang yang tinggal satu rumah dengan kita, dan biasanya tetangga yang sering ada di lingkungan rumah kita.

2. Keberhasilan

Konsep diri bisa didapatkan ketika seseorang mendapatkan keberhasilan atas apa yang telah dialaminya. Keberhasilan seringkali mempengaruhi konsep diri dan adaptasi pribadi seseorang. Selain itu, kehidupan sosialnya juga, dan ini berarti mempunyai pengaruh yang nyata terhadap konsep dirinya. Seringkali keberhasilan merupakan produk utama untuk mendapatkan kebanggaan. Biasanya ada perasaan bangga dan juga puas.

3. Kegagalan

Selain keberhasilan kegagalan juga bisa menjadi hal utama yang paling dibutuhkan oleh seseorang atau yang sudah pasti hadir dalam konsep diri seseorang. Mengingat bahwa kegagalan seringkali membawa hikmah atau introspeksi dan pelajaran untuk banyak orang.

4. Reaksi Orang Lain

Ketika anda menjalankan kehidupan sehari-hari orang akan memandang individu sesuai dengan pola perilaku yang ditunjukkan mereka sendiri. Harry Stack Sullivan (Jalaludin Rakhmat, 1996: 101) telah menjelaskan dengan jelas bahwa jika anda ingin diterima, dihormati dan juga disenangi maka anda harus ikut menghormati, menerima dan juga membuat orang lain merasa diterima oleh kita. Sebaliknya, bila orang lain selalu meremehkan diri sendiri maka anda tidak bisa menyalahkan diri sendiri saja. Itulah konsep diri yang tepat dan benar.

5. Keadaan Fisik

Seringkali orang lain melihat penampilan luar diri seseorang. Maka keadaan fisik seseorang dapat mempengaruhi individu dalam menumbuhkan konsep dirinya seperti apa dan juga bagaimana ia memandang orang lain atau sebaliknya. Individu yang memiliki cacat tubuh sudah tentu akan memandang dirinya rendah, mengingat orang lain juga memandang dia seperti itu.

Beberapa orang juga justru sengaja dan juga membiasakan diri dengan kelemahan, seperti munculnya perasaan malu, minder, tidak berharga dan perasaan ganjil karena melihat dirinya berbeda dengan orang lain. Padahal hal itu memang benar-benar membuat diri mereka tidak dihargai.

6. Tuntutan Orang Tua

Apakah anda sudah menjadi orang tua ? seringkali cita-cita yang tidak tercapai menjadi penyebab atau menjadi permasalahan utama anak-anak. Banyak anak yang bermasalah karena mendapatkan tekanan dari orang tua yang selalu menuntut anak untuk menjadi individu yang sangat diharapkan oleh mereka. Membebaskan anak untuk menemukan passion nya meskipun tidak mudah, tetap harus bisa.

Tuntutan yang seringkali dirasakan anak terkadang menerima hambatan dan juga mendapatkan tuntutan yang menyebabkan anak tidak berkembang. Selain itu, sikap orang tua yang berlebihan untuk melindungi anaknya juga akan menyebabkan anak tidak dapat berkembang dan mengakibatkan anak menjadi kurang tingkat percaya dirinya dan memiliki konsep diri yang rendah.

7. Ras, Kulit dan lainnya

Konsep diri selanjutnya bisa dipengaruhi oleh Perbedaan mulai dari ras, kulit, lingkungan, keturunan dan lainnya. R Pudjijogyanti (1995: 29) dalam penelitian menyatakan bahwa kelompok ras minoritas dan kelompok sosial ekonomi rendah cenderung mempunyai konsep diri yang rendah. Tentu hal ini berefek dari tekanan dan juga berbagai permasalahan ke arah mereka dibandingkan dengan kelompok ras mayoritas dan kelompok sosial ekonomi tinggi, selain itu untuk jenis kelamin terdapat perbedaan konsep diri antara perempuan dan laki-laki sehingga menyebabkan konsep diri berbeda dengan yang hidup dalam lingkungan yang baik.

8. Mycrosystems

Mycrosystems merupakan pengertian dari sebuah realita psikologis di kehidupan realita atau sebenarnya yang seringkal dilakukan oleh masyarakat setiap harinya. Mikrosistem terdiri dari lingkungan fisik tempat individu berada. Dimana tentu anda ketahui bahwa banyak konsep diri yang terbentuk dari lingkungan sosial di sekitar individu. Begitupun dengan interaksi antara kedua lingkungan di mana individu ikut berpartisipasi.

E. Jenis Konsep Diri

Secara umum, self-concept dapat dibedakan menjadi dua jenis, yaitu:

1. Konsep Diri Positif

Orang yang memiliki konsep diri positif akan lebih mudah beradaptasi dengan banyak situasi. Ia memandang hal-hal buruk memiliki hikmah dan bukan sebagai akhir dari segalanya. Orang seperti ini biasanya lebih percaya diri, optimis dan selalu berpikir ada yang bisa dipecahkan.

Ciri-ciri individu yang memiliki konsep diri positif adalah:
  • Menganggap orang lain sama dengan dirinya
  • Punya keyakinan mampu mengatasi bermacam masalah
  • Bisa menerima pujian tanpa merasa malu
  • Punya kesadaran bahwa orang lain punya perasaan, keinginan, dan perilaku yang belum tentu diterima semua anggota masyarakat
  • Keinginan dan kemampuan dalam memperbaiki diri sendiri

2. Konsep Diri Negatif

Orang-orang yang memiliki konsep diri negatif cenderung lebih pesimistik dan sulit melihat kesempatan dalam kesulitan. Bahkan, mereka merasa kalah sebelum mencoba. Jika pun gagal, orang-orang seperti ini akan menyalahkan keadaan, orang lain atau diri sendiri.

Ciri-ciri individu yang memiliki konsep diri negatif adalah:
  • Merasa pesimis setiap kali menghadapi persaingan
  • Sangat sensitif terhadap kritikan
  • Responsi terhadap pujian
  • Cenderung bersikap hiperkritis
  • Punya perasaan tidak disenangi oleh orang lain

Sumber : https://dosenpsikologi.com/faktor-yang-mempengaruhi-konsep-diri
https://www.maxmanroe.com/vid/sosial/pengertian-konsep-diri.html

150 komentar:

  1. Nama:VERI YANTO
    KELAS:X TP4
    No.Absen:33

    BalasHapus
  2. Nama:Ismail
    Kelas:x tp4
    No absen:16

    BalasHapus
  3. Nama: rifki tri susanto
    Kls: x tp 4
    No absen : 28

    BalasHapus
  4. Nama:Dwi pujo Basuki
    Kelas xtp4
    Absen 9

    BalasHapus
  5. Nama : Danar Satya Yudha
    Kelas : X TP 4
    Absen : 06

    BalasHapus
  6. Nama : Danar Satya Yudha
    Kelas : X TP 4
    Absen : 06

    BalasHapus
  7. Nama:Muhammad Zhuhri Alfandi
    Kelas:X TP 4
    Absen:22

    BalasHapus
  8. Nama : Rendi kurniawan
    Kelas : X TP 4
    Absen : 27

    BalasHapus
  9. Nama : DEWA PUTRA SRIWIJAYA
    Kelas : X TP 4
    No.absen : 7

    BalasHapus
  10. Nama:Yuza maulana
    kelas: X TP 4
    NO absen:34

    BalasHapus
  11. Nama:Rahmat Hidayat
    Kelas:X TP 4
    Absen:25

    BalasHapus
  12. Nama:Muhammad Faisal anas
    Kls:xtp4
    Absen :19

    BalasHapus
  13. Nama: Apriansyah
    Kelas: X TP4
    Absen" 03

    BalasHapus
  14. Nama: Luthfi Fauzi yusendar
    Kelas:X TP4
    ABSEN:17

    BalasHapus
  15. Nama : fauzi dwi putra kurnia
    Kelas : X TP4
    Absen : 11

    BalasHapus
  16. Nama : Muhammad Riski
    Kelas : X TP4
    Absen : 22

    BalasHapus
  17. Nama:sy fahri ramadhani
    Kelas:X Tp 4
    Absen:32

    BalasHapus
  18. Nama : Rendi kurniawan
    Kelas : X TP 4
    Absen : 27

    BalasHapus
  19. Nama:Muhammad Afrizal
    Kelas:X TP4
    Absen:18

    BalasHapus
  20. Nama:Dimas Pramudita
    Kelas:X TP4
    Absen:8

    BalasHapus
  21. Nama : Hamar Syahardi
    Kelas : X TP4
    Absen : 14

    BalasHapus
  22. Nama:Nova Yugo Prasojo
    Kelas:X TP4
    Absen:23

    BalasHapus
  23. Nama: Muhammad Luthfi
    Kelas: X TP 4
    Absen: 20

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nama : Gusmau Hilawa Mustaqim
      Kelas: X TP 4
      Absen: 13

      Hapus
  24. Nama:Ade Kurniawan
    Kelas:XTP4
    Absen:1

    BalasHapus
  25. Nama: Gusmau Hilawa Mustaqim
    Kelas: X TP 4
    Absen: 13

    BalasHapus
  26. Nama : Arif wicaksono
    Kelas : XTP4
    absen : 4

    BalasHapus
  27. Nama : Rama
    Kelas: XTP4
    Absen: 26

    BalasHapus
  28. Nama: ILHAM
    KELAS: X TP 4
    ABSEN:15

    BalasHapus
  29. Nama : Fadhil Raditya Ananda Makku
    Kelas : XTP4
    Absen : 10

    BalasHapus
  30. Nama : Rizferi Arnanda
    Kelas : X TP 4
    Abseb : 29

    BalasHapus
  31. Nama : Ponti Irsa Al Dzadit
    Kelas : X TP 4
    No Absen : 24

    BalasHapus
  32. Nama:Feri Dwiyansyah
    Kelas: X Tp4
    No absen:12

    BalasHapus
  33. Nama Muhammad Rendra Al Farizzy
    Kelas: X TP3
    No absen: 21

    BalasHapus
  34. Nama:Andika Buntoro
    Kelas:X TP 3
    No Absen:3

    BalasHapus
  35. Nama : Anugrah prasetio
    Kelas : X TP 3
    No absen : 4

    BalasHapus
  36. Nama:rizky Arief saputra
    Kelas:X tp3
    No absen:30

    BalasHapus
  37. Nama : Syahari Ramadhan
    Kelas : X TP 3
    No Absen : 32

    BalasHapus
  38. Nama: khairul syawal
    Kelas: X TP 3
    No absen: 18

    BalasHapus
  39. Nama : ANDI ALFIAN
    Kelas : X TP 3
    No Absen : 2

    BalasHapus
  40. Nama: Satria Fajar Nuralim
    Kelas: X TP 3
    No absen:31

    BalasHapus
  41. Nama:Zulfadli Putra Andani
    Kelas:X TP 3
    Nomor:absen 35

    BalasHapus
  42. Nama:Wildan Ade Mamora
    Kelas: XTP 3
    No Absen:34

    BalasHapus
  43. Nama: Nazzain Rohaizan Fawake
    Kelas:X TP3
    No.absen:24

    BalasHapus
  44. Nama:Muhammad khairul nizam
    Kelas:X TP 3
    No absen:

    BalasHapus
  45. Nama:Fathur Rahman
    Kelas:X TP 3
    No.Absen:12

    BalasHapus
  46. Nama:Deo warisman
    Kelas:x tp3
    Absen:8

    BalasHapus
  47. Nama : Maulana Sandika
    Kelas : X TP 3
    No.Absen : 19

    BalasHapus
  48. Nama: ASEP DENY HERMANSYAH
    KELAS : X TP 3
    NO.ABSEN : 6

    BalasHapus
  49. nama:Cristover Albert Susanto
    kelas: X TP 3
    No.absen: 07

    BalasHapus
  50. Nama: Fadhil Pratama
    Kelas:X TP3
    No.absen:11

    BalasHapus
  51. Nama:Adam manoto gusti subayu
    Kelas:X TP3
    Absen: 1

    BalasHapus
  52. Nmama: Gavra Optima Abrar
    Kelas: X TP3
    Absen: 14

    BalasHapus
  53. Nama valentino rossi pratama
    Kelas x tp3
    Absen 33

    BalasHapus
  54. Nama : Ardiansyah
    No absen : 5
    Kelas :x tp 3

    BalasHapus
  55. Nama:Dimas aditia
    Kelas: XTP3
    No absen : 09
    Balas

    BalasHapus
  56. Nama:Muhammad Dwi Yoga Raihansyah
    Kelas : X TP3
    Absen : 20

    BalasHapus
  57. Nama:Rafly juliandra Saputra
    Kelas:XTP 3
    Absen:26

    BalasHapus
  58. Nama:ISMAIL
    KLS:X tp3
    No absen:17

    BalasHapus
  59. Nama:Muhammad yadid
    Kelas:X TP3
    No.absen:21

    BalasHapus
  60. Nama: Ratu Khansa Adilla
    Kelas: X APL 2
    No Absen: 26

    BalasHapus
  61. Nama:Hansen Noverico
    Kls:X apl 2
    No absen:9

    BalasHapus
  62. Nama :Muhammad Rayhan Pasha Ramadhan
    Kelas:X APL 2
    Absen:19

    BalasHapus
  63. Nama: Asih Eqsania Pertiwi
    Kelas: X APL 2
    No absen: 3

    BalasHapus
  64. Nama: Tsabitul Azmi
    Kelas: X APL 2
    Absen: 34

    BalasHapus
  65. Nama:Indri Tri Rismadanti
    Kelas:X APL 2
    Absen:12

    BalasHapus
  66. Nama:Ulya Raudhatul Muna
    Kelas:X APL 2
    Absen:35

    BalasHapus
  67. Nama : Rizqi Adha
    Kelas : X APL 2
    Absen : 28

    BalasHapus
  68. Nama: Rangga Tri Prayoga
    Kelas: X APL 2
    Absen: 25

    BalasHapus
  69. Nama:ana putri rohani
    Kelas: X APL 2
    Absen:4

    BalasHapus
  70. Nama:Tania Yusria
    Kelas:X APL 2
    Absen:33

    BalasHapus
  71. Nama:ana putri rohani
    Kelas: X APL 2
    Absen:4

    BalasHapus
  72. Nama: Ninda ayu sujiana
    Kelas: X APL 2
    Absen:21

    BalasHapus
  73. Nama :Nabila indrianingsih
    Kelas :X APL2
    Absen :20

    BalasHapus
  74. Nuzhatul Husna11 Agustus 2020 14.47

    Nama:Nuzhatul Husna
    Kelas:X APL 2
    Absen:23

    BalasHapus
  75. Nama: Manambai Dading Kalbuadi
    Kelas:X APL2
    Absen:15

    BalasHapus
  76. Nama:Sony Armi Dinata
    Kelas:X APL 2
    Absen:31

    BalasHapus
  77. Nama : Muhammad Dzikri Abdillah
    Kelas : X APL 2
    Absen : 18

    BalasHapus
  78. Nama :Hesti Marisa Ananda
    Kelas :X Apl 2
    Absen :10

    BalasHapus
  79. Nama :indah indriarti
    Kelas: X APL 2
    Absen:11

    BalasHapus
  80. Nama : Hamira
    Kelas : X APL 2
    Absen : 8

    BalasHapus
  81. nama:aini sucia
    kelas:x apl 2
    absen:01

    BalasHapus
  82. Nama: Charlestianus Yulius Kaka
    Kelas:X APL 1
    Absen:5

    BalasHapus
  83. NAMA: SUSAN AULIA
    KELAS: X APL 2
    ABSEN: 32

    BalasHapus
  84. Nama: Maulana putra Pratama
    Kelas: X APL2
    Absen:16

    BalasHapus
  85. Nama:delvia amanda
    Kelas:x apl 2

    BalasHapus
  86. Nama: Geovani Baptista
    Kelas: X APL 2

    BalasHapus
  87. Nama Tegar Sumarno
    Kelas X TP 2

    BalasHapus
  88. Nama : david rivaldi
    Kelas: X TP 2
    Absen:7

    BalasHapus
  89. Nama : Ali akbar
    Kelas: X TP 2
    Absen: 02

    BalasHapus
  90. NAMA :SYAFARANI ISMA AZIS
    KELAS:X TP2
    ABSEN:31

    BalasHapus
  91. NAMA:KHAIRUL ANNAM
    KELAS:X TP2
    ABSEN:17

    BalasHapus
  92. Nama:Ardi Setiyawan
    Kelas:X TP 2
    Absen:4

    BalasHapus
  93. Nama : Dicka Pratama
    Kelas : X TP 2
    Absen : 08

    BalasHapus
  94. Nama :ANTONIO ANDRIO MAHAEFTHA PUTRA
    Kelas X TP 2
    Absen 03

    BalasHapus
  95. Nama:Gusti Raihan
    Kelas:X TP 1
    Absen:14

    BalasHapus
  96. Nama: Ardi Setiyawan
    Kelas: X TP 2
    Absen: 4

    BalasHapus
  97. Nama:abdillah alwi muhammad dzalhajra
    Kelas: X TP 2
    Absen: 01

    BalasHapus
  98. Nama:Febriyanda
    Kelas:X TP 2
    Absen:12

    BalasHapus
  99. Nama:natanael aaron ariesmendi
    Kelas:XTP2
    ABSEN:23

    BalasHapus
  100. Nama:Rezel AL Fachri
    Kelas:X TP 2
    Absen:27

    BalasHapus
  101. Nama : Ali akbar
    Kelas : X TP 2
    Absen : 02

    BalasHapus
  102. Nama: thomas alek sander
    Kelas: XTP2
    Absen : 33

    BalasHapus
  103. Nama: abdillah alwi muhammad dzalhajra
    Kelas:X TP 2
    Absen:01

    BalasHapus
  104. Nama : Habibi
    Kelas : XTP2
    Absen : 14

    BalasHapus
  105. Nama : Novi Andi Ramadhan
    Kelas : X TP 1
    Absen 25

    BalasHapus
  106. Nama:Wahyu amrullah
    Kelas:Xtp2
    Absen:34

    BalasHapus
  107. Nama: elfitra Rakasa
    Kelas:X TP 2
    Absen:10

    BalasHapus
  108. Nama:Rozi
    Kelas:X TP2
    Absen:30

    BalasHapus
  109. Nama : Muhammad Febrian Riadi Rahman
    Kelas :X TP 1
    Absen : 20

    BalasHapus
  110. Nama : david rivaldi
    Kelas : X TP 2
    Absen : 07

    BalasHapus
  111. Harvey dwi akbar19 Agustus 2020 08.33

    Nama : Harvey dwi akbar
    Kelas : Xtp2
    Absen : 15

    BalasHapus
  112. Nama:Luthfi kurniawan
    Kelas:Xtp1
    Absen:18

    BalasHapus
  113. Nama:Muhammad Azhar
    Kelas:XTp2
    Absen:19

    BalasHapus
  114. Nama Tegar Sumarno
    Kelas X TP 2
    Absen 32

    BalasHapus
  115. Nama: Muhammad Azhar
    Kelas: X Tp 2
    Absen: 19

    BalasHapus
  116. Nama: Fajar Ardiansyah
    Kelas: XTP2
    Absen: 11

    BalasHapus
  117. Nama: Rizki Ramadan
    Kelas: X TP 2
    Absen: 29

    BalasHapus
  118. Nama : rafiq hariri
    Kelas: XTP2
    Absen: 29

    BalasHapus
  119. Nama : Apriliandi Dzahirul Ba'asith
    Kelas : X TP 1
    Absensi : 04

    BalasHapus
  120. Nama:Muhammad Rafli Andri Fatiha
    Kelas:X TP1
    Absen:21

    BalasHapus
  121. Nama : Aril syahbandi
    Kelas : X TP1
    absen : 05

    BalasHapus
  122. Nama : muhammad rizqullah
    Kelas : X TP1
    absen : 22

    BalasHapus
  123. Nama :Aariz Hafid
    Kelas:X TP 1
    Absen:1

    BalasHapus
  124. Nama: Zhafa Anbiya Pratama
    Kelas: X TP 2
    Absen:35

    BalasHapus
  125. Nama:Nabil Nurachmadi
    Kelas:X TP 1
    Absen:24

    BalasHapus
  126. Nama: Rizki Rahmadan
    Kelas: X TP 1
    ABSEN: 29

    BalasHapus
  127. Nama: Jayadi setiono
    Kelas: XTP1
    Absen: 17

    BalasHapus
  128. Nama:khairul annam
    kelas:x tp2
    absen:17

    BalasHapus
  129. Nama:Aldiko Tofero
    Kelas:XTP 1
    Absen:02

    BalasHapus
  130. Nama:Doni Darma Hasri
    Kelas:X TP2
    No Absen:09

    BalasHapus
  131. nama:syafarani isma azis
    kls:XTP2
    no absen:31

    BalasHapus
  132. Nama :Robby Apta Abeltian
    Kls :X TP1
    No absen :31

    BalasHapus
  133. Nama : antholin chua hokkin
    Kelas : X TP 1
    No absen : 3

    BalasHapus
  134. Nama : Steven
    Kelas : X TP1
    No absen : 31

    BalasHapus
  135. Nama: Dian Saputra
    kelas: X TP1
    No Absen: 8

    BalasHapus
  136. Nama :Rio Reyanda
    Kelas : X TP 2
    NO ABSEN : 28

    BalasHapus
  137. Nama : iqbal ramadhan
    Kelas: x tp 2
    No absen : 16

    BalasHapus
  138. Nama : fajar akbar
    Kelas : x tp 1
    No absen: 11

    BalasHapus
  139. Nama : gathan gufron
    Kelas : x tp 2
    No absen: 13

    BalasHapus
  140. Nama: gathan gufron
    Kelas : x tp 2
    No absen: 13

    BalasHapus
  141. Nama : Syarif Muhammad haykal
    Kelas: XTP1
    No absen : 32

    BalasHapus
  142. nama=feri yanto
    kelas=X TP 1
    NO ABSEN= 13

    BalasHapus
  143. Nama : Hardian nurrasyid
    Kelas : X TP 1
    No.Absen : 15

    BalasHapus
  144. Nama : David Abedsen
    Kelas : X TP 1
    No.Absen : 7

    BalasHapus
  145. Nama : Dio daniel immanuel
    Kelas : X TP 1
    no absen : 9

    BalasHapus
  146. Nama:M.Septyan Jamal
    Kelas:X TP 1
    no absen:23

    BalasHapus

Silahkan Absen dikomentar ini dengan Format Nama Lengkap dan Kelas.