Rabu, 02 September 2020

STOP BULLYING!!

Apa itu Bullying?

Bullying adalah perbuatan tidak baik yang dilakukan oleh seseorang atau lebih kepada orang lainnya. Perbuatan tidak baik yang dimaksud bisa berupa hal-hal yang menyakiti secara fisik, seperti memukul, mendorong, dan lain-lain.

Bisa juga menyakiti secara verbal, misalnya mengejek penampilan, menghina kemampuan, dan masih banyak lagi.Tidakan menjauhi dan mengucilkan seseorang juga termasuk tindakan bullying, lo. Bullying tidak hanya terjadi pada orang-orang yang saling kenal atau sering bertemu secara langsung.

Di zaman yang sudah maju ini, bullying bisa dilakukan lewat telepon, mengirim pesan melalui SMS/Whatsapp atau mediasosial, dan meninggalkan komentar buruk di media sosial. Istilah bullying melalui gadget (gawai) biasa dikenal dengan istilah cyberbullying.

Apa yang Harus Dilakukan Jika Menjadi Korban Bullying?

Jika kita menjadi salah satu korban bullying, ada beberapa hal yang bisa kita lakukan:

  • Temui seseorang yang kamu percaya dan beri tahu pada mereka apa yang terjadi padamu.
  • Jika bullying terjadi di sekolah, maka beri tahu seorang guru atau penasihat sekolah dan tanyakan apa yang bisa dilakukan untuk menindaklanjuti hal itu.
Bisa jadi sekolahmu memiliki kebijakan tentang bullying dan ada langkah-langkah untuk menanganinya. 

  • Jangan takut untuk melaporkan tindakan bullying pada pihak yang memiliki wewenang. Jika kamu berani, tandanya kamu menyelamatkan dirimu sendiri dan korban bullying lainnya.
  • Kalau bisa saat mulai ada tanda-tanda bullying kepadamu tunjukkan sifat berani dan percaya diri agar pembully berpikir ulang untuk melakukan tidakan itu padamu berulang kali.
Penyebab Bullying dari Sisi Korban

Penyebab bully dapat datang dari faktor korban maupun pelaku. Jika melihat dari sisi korban, berikut adalah beberapa faktor yang mungkin menyebabkan anak menjadi korban:


1. Penampilan fisik

Penyebab bullying pertama yang paling umum adalah akibat dari penampilan fisik.

Ketika seorang anak memiliki penampilan fisik yang dianggap berbeda dengan anak lain pada umumnya, para bully dapat menjadikannya bahan untuk mengintimidasi anak tersebut.

Penampilan fisik berbeda dapat meliputi kelebihan atau kekurangan berat badan, menggunakan kaca mata, menggunakan behel, menggunakan pakaian yang dianggap tidak keren seperti anak-anak lainnya.

2. Ras

Perbedaan ras juga sering kali menyebabkan seorang anak terkena bully.

Hal ini umumnya terjadi ketika seorang anak dengan ras berbeda memasuki satu lingkungan dan dianggap sebagai minoritas. Beberapa survey dan penelitian juga telah menunjukkan bahwa bullying akibat ras yang berbeda memang cukup sering terjadi.

3. Orientasi seksual


Orientasi seksual seseorang berbeda-beda dan umumnya seorang anak baru menyadari orientasi seksual yang berbeda memasuki usia remaja.

Bahkan di beberapa negara yang sudah tidak asing dengan isu LGBT, seseorang yang teridentifikasi sebagai lesbian, gay, dan transgneder sering kali mendapatkan perilaku bully. Hal ini yang membuat seseorang cenderung menyembunyikan orientasi seksualnya.

4. Terlihat lemah

Penyebab bullying lainnya adalah ketika seorang anak dianggap lebih lemah dan terlihat tidak suka melawan.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa bullying melibatkan ketidakseimbangan kekuatan antara pelaku dan juga korban. Pelaku tentunya merasa sebagai pihak yang lebih kuat dan dapat mendominasi korban yang lebih lemah.

5. Terlihat tidak mudah bergaul

Selain karena lemah, terlihat tidak mudah bergaul dan memiliki sedikit teman juga menjadi salah satu penyebab menjadi korban bullying.

Individu yang terlihat tidak mudah bergaul dan memiliki sedikit teman juga dapat terlihat lebih lemah dan membuat bully berpikir dapat mendominasi mereka. Sekelompok bully juga berpotensi melakukan bully pada kelompok yang dianggap lebih lemah dari kelompok mereka.

Meskipun karakteristik di atas dapat menjadi penyebab bullying, tapi tentu tidak semua anak dengan karakteristik tersebut menjadi korban bully. Kondisi tersebut hanyalah merupakan beberapa gambaran umum.

Penyebab Bullying dari Sisi Pelaku


Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa anak yang memiliki salah satu kriteria yang dapat memicu bully tidak selalu menjadi korban. Hal ini disebabkan juga karena terdapat faktor penyebab juga dapat berasal dari sisi pelaku.
Berikut adalah beberapa penyebab bully dari sisi pelaku:

1. Memiliki masalah pribadi

Salah satu pemicu seseorang menjadi bully adalah karena memiliki masalah pribadi yang membuatnya tidak berdaya di hidupnya sendiri.

Pada anak-anak, penyebab seperti perkelahian berlebihan di rumah, perceraian orang tua, atau adanya anggota keluarga yang menjadi pecandu narkoba dan alkohol dapat memicu hal ini. Sedangkan pada orang dewasa, masalah dengan pasangan juga bisa menjadi salah satu pemicu munculnya perasaan tidak berdaya.

Bullying baik verbal ataupun fisik yang dilakukan bertujuan untuk menunjukkan individu tersebut memiliki kekuatan. Sehingga rasa tidak berdaya tersebut dapat ditutupi.

2. Pernah menjadi korban bullying

Beberapa kasus menunjukkan bahwa pelaku sebenarnya juga merupakan korban.

Contohnya seperti anak yang merasa di-bully oleh saudaranya di rumah, kemudian anak tersebut membalas dengan cara mem-bully temannya di sekolah yang ia anggap lebih lemah dari dirinya.

Contoh lainnya adalah orang yang tertekan akibat bullying di kehidupan nyata dan menggunakan internet serta dunia maya untuk menunjukkan bahwa dirinya juga memiliki kekuatan dengan cara menyerang orang lain.

3. Rasa iri pada korban

Penyebab bullying selanjutnya adalah karena rasa iri pelaku pada korban.

Rasa iri ini bisa muncul akibat korban memiliki hal yang sebenarnya sama istimewanya dengan sang pelaku. Pelaku mengintimidasi korban agar korban tidak akan lebih menonjol dari dirinya sendiri.

Selain tidak ingin orang lain menonjol, seseorang juga mungkin melakukan bully untuk menutupi jati dirinya sendiri. Contohnya seperti anak pintar yang tidak ingin disebut ‘kutu buku’, sehingga ia lebih dulu menyebut temannya yang pintar sebagai kutu buku.

4. Kurangnya pemahaman

Kurangnya pemahaman dan empati juga dapat menimbulkan perilaku bullying.

Ketika seorang anak melihat anak lain berbeda dalam hal seperti ras, agama, dan orientasi seksual, karena kurangnya pemahaman, maka mereka beranggapan bahwa perbedaan tersebut adalah hal yang salah.

Mereka juga beranggapan bahwa menjadikan anak yang berbeda tersebut sebagai sasaran adalah hal yang benar.

5. Mencari perhatian

Terkadang pelaku tidak menyadari bahwa yang dilakukannya termasuk ke dalam penindasan, karena sebenarnya apa yang dilakukannya adalah mencari perhatian.

Jenis yang satu ini paling mudah untuk diatasi. Caranya adalah dengan memberikannya perhatian yang positif sebelum pelaku mencari perhatian dalam dengan cara yang negatif.

6. Kesulitan mengendalikan emosi

Anak yang kesulitan untuk mengatur emosi dapat berpotensi menjadi pelaku.

Ketika seseorang merasa marah dan frustasi, perbuatan menyakiti dan mengintimidasi orang lain bisa saja dilakukan. Jika sulit untuk mengendalikan emosi, maka masalah kecil saja dapat membuat seseorang terprovokasi dan meluapkan emosinya secara berlebihan.

7. Berasal dari keluarga yang disfungsional

Tidak semua anak dari keluarga disfungsional akan menjadi pelaku bullying, namun hal ini kerap terjadi.

Sebagian besar pelaku adalah anak yang merasa kurang kasih sayang dan keterbukaan dalam keluarganya. Mereka kemungkinan juga sering melihat orang tuanya bersikap agresif terhadap orang-orang di sekitarnya.

8. Merasa bahwa bullying menguntungkan


Pelaku bully akan tanpa sengaja bisa terus melanjutkan aksinya karena merasa perbuatannya menguntungkan.

Hal ini bisa terjadi pada anak yang mendapatkan uang atau makanan dengan cara meminta secara paksa pada temannya. Contoh lain adalah ketika pelaku merasa popularitas dan perhatian dari setiap orang padanya naik berkat tindakannya tersebut.

9. Kurangnya empati


Penyebab selanjutnya adalah karena kurangnya rasa empati.

Ketika melihat korban, pelakunya tidak merasa empati pada apa yang dirasakan korban, sebagian mungkin justru merasa senang ketika melihat orang lain rasa kesakitan. Semakin mendapatkan reaksi yang diinginkan, semakin pelaku bully senang melakukan aksinya.

BERSAMBUNG.....

Sumber : https://doktersehat.com/bullying/ - https://www.indozone.id/life/pQsZMk/perilaku-bullying-definisi-dampak-penyebab-dan-cara-pencegahan

148 komentar:

  1. Yuk kunjungi Jasa Backlink Untuk meningkatkan website

    BalasHapus
  2. Saskya Khairani
    XI APL 2

    BalasHapus
  3. Nama: Zulfa Izzati
    Kelas:XI APL 1

    BalasHapus
  4. Emelyia Dwi Yanti17 November 2020 07.06

    Nama: Emelyia Dwi Yanti
    Kelas:XI APL 1

    BalasHapus
  5. Nama :Noraishah Azura
    Kelas :X APL 2

    BalasHapus
  6. Nama: Silvia Ramadhani
    Kelas: XI APL 1

    BalasHapus
  7. Nama : Ninda ayu sujiana
    Kelas : X APL 2

    BalasHapus
  8. Nama: Ana putri rohani
    Kelas: X APL 2

    BalasHapus
  9. Nama :Dian Safira
    Kelas:XI APL 1

    BalasHapus
  10. Willy Cristiano Saputra X APL 2

    BalasHapus
  11. Nama: maulidiya
    Kelas: XI APL II

    BalasHapus
  12. Nama : Nabila indrianingsih
    Kelas : XAPL2

    BalasHapus
  13. Nama : Siti nurbani
    Kelas : XI APL 2

    BalasHapus
  14. Nama:Sabad Tri FitriYana
    Kelas:X APL 2

    BalasHapus
  15. Nama : Muhammad Rayhan Pasha Ramadhan
    Kelas : X APL 2

    BalasHapus
  16. Nama: Nabilla Ummul Saleha Wati
    Kelas: XI APL 1

    BalasHapus
  17. Nama: Nabila Rahmadani
    Kelas:XI APL2

    BalasHapus
  18. Nama: Tsabitul Azmi
    Kelas: X APL 2

    BalasHapus
  19. Nama: Sony Armi Dinata
    Kelas:X APL 2

    BalasHapus
  20. Nama:Della Dwi Amanda
    Kelas:XI APL2

    BalasHapus
  21. Nama: Ratu Khansa Adilla
    Kelas: X APL 2

    BalasHapus
  22. Christoforus Dimas
    XI APL 2

    BalasHapus
  23. Nama:Nuzhatul Husna
    Kelas:X APL 2

    BalasHapus
  24. Nama: ananda tri wandari
    Kelas: XI APL 1

    BalasHapus
  25. Nama: Jihaan abidah chaidi
    Kelas:XI APL 1

    BalasHapus
  26. Nama : Kikiafriliany
    Kelas: XI APL 2

    BalasHapus
  27. Nama : Rizqi Adha
    Kelas : X APL 2

    BalasHapus
  28. Nama : Fitri Wulandari
    Kelas : XI APL 1

    BalasHapus
  29. HANSEN NOVERICO17 November 2020 07.26

    Nama:Hansen Noverico
    Kelas: X APL 2

    BalasHapus
  30. Nama:Davina Qanitah
    Kelas:X APL 2

    BalasHapus
  31. Nama: Azka Anisa Zahra
    Kelas : XI APL 1

    BalasHapus
  32. Nama: Asih Eqsania Pertiwi
    Kelas: X APL 2

    BalasHapus
  33. Nama: Azka Anisa Zahra
    Kelas: XI APL 1

    BalasHapus
  34. Nama : Raufa Kurnia
    Kelas : XI APL 2

    BalasHapus
  35. Nama:Tina hermawati
    Kelas:XI APL 1

    BalasHapus
  36. Nama: Vanessa Meipriola
    Kelas: XI APL 1

    BalasHapus
  37. nama:berliana husna ary dwi widuri
    kelas:XI APL 2

    BalasHapus
  38. Nama:noni fadila aulya rahman
    Kelas:xl apl 2

    BalasHapus
  39. Nama:noni fadila aulya rahman
    Kelas:xl apl 2

    BalasHapus
  40. Nama:Susan Aulia
    Kelas: X APL 2

    BalasHapus
  41. Nama : Mega Saputri
    Kelas :XI APL 1

    BalasHapus
  42. Nama : Rio Muhammad Fajri
    Kelas : XI APL 2

    BalasHapus
  43. Nama: indah indriarti
    Kelas:X APL 2

    BalasHapus
  44. Nama: Dede Damayanti
    Kelas: XI APL 1

    BalasHapus
  45. Nama: Ruli fitrianingsih
    Kelas: xi apl 2

    BalasHapus
  46. Nama : Gita Naomi Azalia
    Kelas : XI APL 1

    BalasHapus
  47. Nama:Tania yusria
    Kelas:X apl 2

    BalasHapus
  48. Maulana putra
    X APL2

    BalasHapus
  49. Nama : amar mufid
    Kelas : XI APL 1

    BalasHapus
  50. Nama: Rangga Tri Prayoga
    Kelas: X APL 2

    BalasHapus
  51. Nama:Indri Tri Rismadanti
    Kelas:X APL 2

    BalasHapus
  52. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  53. Arief maulana sanajaya
    XI APL 1

    BalasHapus
  54. Nama : Resti Prisilia

    Kelas : 11 APL 1

    BalasHapus
  55. Nama :Geovani Baptista Rossi Tandri
    Kelas:X APL 2

    BalasHapus
  56. Nama: Manambai Dading Kalbuadi
    Kelas:X APL 2

    BalasHapus
  57. Nama : ayu diah lestari
    Kelas : XI APL 1

    BalasHapus
  58. Nama:Ulya Raudhatul Muna
    Kelas:X APL 2

    BalasHapus
  59. NAMA : DIANA
    KELAS : XI APL 1

    BalasHapus
  60. Nama : sri putriani
    Kelas : XAPL 1

    BalasHapus
  61. Nama: Khairunnisa Fitria
    Kelas:x Apl 2

    BalasHapus
  62. Nama: Rangga Tri Prayoga
    Kelas: X APL 2

    BalasHapus
  63. Nama: Ana putri rohani
    Kelas: X APL 2

    BalasHapus
  64. Nama :Indah indriarti
    Kelas:X APL 2

    BalasHapus
  65. Nama : Ninda ayu sujiana
    Kelas : X APL 2

    BalasHapus
  66. Nama :Indah indriarti
    Kelas:X APL 2

    BalasHapus
  67. Nama:Indri Tri Rismadanti
    Kelas:X APL 2

    BalasHapus
  68. Nama: Ratu Khansa Adilla
    Kelas: X APL 2

    BalasHapus
  69. Nama: Asih Eqsania Pertiwi
    Kelas: X APL 2

    BalasHapus
  70. Nama: Tsabitul Azmi
    Kelas: X APL 2

    BalasHapus
  71. Nama:Muhammad Rayhan Pasha Ramadhan
    Kelas:X APL 2

    BalasHapus
  72. Nama:Noraishah Azura
    Kelas: X APL 2

    BalasHapus
  73. Nama : Riestha siahaan
    Kelas : X APL 2

    BalasHapus
  74. Nama : Rahmi sujiati
    Kelas : X Apl2

    BalasHapus
  75. Nama : fitri wulandari
    Kelas : XI APL 1

    BalasHapus
  76. Nama : Dian Safira
    Kelas: XI APL 1

    BalasHapus
  77. Nama : Mega Saputri
    Kelas ; XI APL 1

    BalasHapus
  78. Nama: Emelyia Dwi Yanti
    Kelas:XI APL 1

    BalasHapus
  79. Nama: Silvia Ramadhani
    Kelas: XI APL 1

    BalasHapus
  80. Nama : Inosensius Mere Mangu
    Kelas : X APL 2

    BalasHapus
  81. Nama: Sony Armi Dinata
    Kelas:x APL 2

    BalasHapus
  82. Nama:Davina Qanitah
    Kelas:X APL 2

    BalasHapus
  83. Nama: Vanessa Meipriola
    Kelas: APL 1

    BalasHapus
  84. Nama: Nabilla Ummul Saleha Wati
    Kelas: XI APL 1

    BalasHapus
  85. Nama: Khairunnisa Fitria
    Kelas:x Apl 2

    BalasHapus
  86. Nama:tina hermawati
    Kelas:XI APL 1

    BalasHapus
  87. Nama : Gita Naomi Azalia
    Kelas : XI APL 1

    BalasHapus
  88. Nama : jihaan abidah chaidi
    Kelas: XI APL1

    BalasHapus
  89. Nama : ayu diah lestari
    Kelas : XI APL 1

    BalasHapus
  90. Nama: ananda tri wandari
    Kelas: XI APL 1

    BalasHapus
  91. Nama:Nuzhatul Husna
    Kelas:X APL 2

    BalasHapus
  92. Nama : Djadug Fadhillah Akbar
    Kelas : XI APL I

    BalasHapus
  93. Nama : Sri Putriani
    Kelas : XI APL 1

    BalasHapus
  94. Nama : Hamira
    Kelas : X APL 2

    BalasHapus
  95. Nama: Dede Damayanti
    Kelas: XI APL 1

    BalasHapus
  96. Nama: Azka Anisa Zahra
    Kelas: XI APL 1

    BalasHapus
  97. Nama: Azka Anisa Zahra
    Kelas: XI APL 1

    BalasHapus
  98. Geovani Baptista Rossi Tandri
    X APL 2

    BalasHapus
  99. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  100. Willy Cristiano Saputra X APL 2

    BalasHapus
  101. Nama : Dharmaul Husnawati
    Kelas : XI APL 1

    BalasHapus
  102. Nama : Diana
    Kelas : XI APL 1

    BalasHapus
  103. nama:Tania yusria
    kelas:x apl 2

    BalasHapus
  104. Nama:Andini tri peliasari
    Kelas: XI apl 1

    BalasHapus
  105. Nama : Rizqi Adha
    Kelas: X APL 2

    BalasHapus
  106. Nama: amar mufid
    Kelas : XI APL 1

    BalasHapus
  107. Nama : Resti Prisilia
    Kelas : 11 APL 1

    BalasHapus
  108. Nama : Susan Aulia
    Kelas : X APL 2

    BalasHapus
  109. Nama : Nabila indrianingsih
    Kelas : XAPL2

    BalasHapus
  110. Nama : Muhammad Dzikri Abdillah
    Kelas : X APL 2
    Absen : 18

    BalasHapus
  111. Yuk kunjungi Pakar SEO Latief Pakpahan Untuk Konsultasi Mengenai SEO!

    BalasHapus
  112. Nama : Fahra Nayla Ramadhani
    Kelas : X APL 1
    No absen : 10

    BalasHapus
  113. Nama:cici purnpurnamasari
    Kelas: XAPL1
    No absen:7

    BalasHapus
  114. Nama : Shafa Narishwari
    Kelas: X APL 1
    Absen: 31

    BalasHapus
  115. Nama:Dwi agustini
    Kelas:X APL 1
    No absen:9

    BalasHapus
  116. Putri Ayu Sulastri
    X APL 1
    27

    BalasHapus
  117. Nama:Nabila Syifa Hanifah
    Kelas:X APL 1
    Absen:24

    BalasHapus
  118. Suci Indah Ayu putri
    X APL 1
    32

    BalasHapus
  119. nyemas intan apriani
    x apl 1
    26

    BalasHapus
  120. Nama:iqbal zariant rafi'i
    Kelas: X apl 1
    16

    BalasHapus
  121. Nama : kaynaya eka pratiwi
    Kelas: X APL 1
    absen:17

    BalasHapus
  122. Nama:Agnes monica
    Kelas:X APL 1
    Absen:1

    BalasHapus
  123. Nama: Charlestianus Yulius Kaka
    Kelas:X APL 1
    Absen:5

    BalasHapus
  124. Nama : Medina Septia
    kelas : X APL 1
    Absen : 18

    BalasHapus
  125. Nama:Novdita anatasya
    Kelas:X Apl 1
    Absen:25

    BalasHapus
  126. Nama: Muhammad fikri radhi
    Kelas: X apl 1
    Absen: 21

    BalasHapus
  127. Nama:Annas Fitra Novrian
    Kelas:X APL 1
    Absen: 4

    BalasHapus

Silahkan Absen dikomentar ini dengan Format Nama Lengkap dan Kelas.