Rabu, 03 Februari 2021

NILAI - NILAI KEHIDUPAN

A. Pengertian

       Manusia tidak dapat hidup sendiri karena itu memahami nilai-nilai kelompok, masyarakat, negara dan pribadi sendiri sangatlah penting. Nilai-nilai atau peraturan dalam kelompok/masyarakat berlaku dan disepakati bersama sejak manusia hidup, sehingga kita sering mendengar kata “Baik – Tidak baik”, Boleh – Tidak boleh”, Sopan – Tidak sopan”, “Penting – Tidak penting”, “ Tahu aturan – Tidak tahu aturan” dan lain-lainnya.

Jadi, pengertian nilai kehidupan adalah nilai-nilai yang sangat mempengaruhi tindakan seseorang. 

B. Kategori & Aspek Nilai
       Nilai nilai kehidupan dalam masyarakat akan terus berkembang. Ada tiga katagori nilai yang harus ditunjukan dalam mengadopsi nilai,seperti :

  • memilih
  • menghargai
  • bertindak. 

 C. Contoh Nilai Kehidupan

 Contoh-contoh nilai kehidupan yang ada di masyarakat adalah :

1.     Nilai kekuasaan, seperti persepsi (pandangan) atas keinginan untuk menundukkan atau mempengaruhi orang lain.

2.    Nilai Cinta atau kasih sayang, seperti ikatan batin, saling menghargai, saling setia, saling menghormati, saling tolong, memikirkan kepentingan dan kebaikan orang lain.

3.    Nilai keindahan, seperti kemampuan untuk menghargai dan menikmati hal-hal yang indah, serasi dan bagus.

4.    Nilai keadaan fisik, seperti persepsi atas keadaan tubuh yang dianggap ideal atau serasi.

5.    Nilai kesehatan, seperti keinginan memiliki keadaan tubuh yang jauh dari sakit.

6.    Nilai keterampilan, seperti keinginan memiliki kemampuan untuk melakukan berbagai hal denan cepat.

7.    Nilai rasa sejahtera dan aman, seperti memiliki keinginan untuk bebas dari tekanan, kecemasan dan konflik-konflik batin.

8.    Nilai pengetahuan, seperti tuntutan diri atas informasi, hal-hal yang dapat memuaskan rasa ingin tahu atau kemampuan memiliki kemampuan untuk mengetahui sesuatu yang diinginkan.

9.    Nilai moral, seperti keinginan memiliki pemikiran, keyakinan dan tindakan yang sesuai dengan norma-norma masyarakat.

10.  Nilai keagamaan/kepercayaan

11.   Nilai keadilan, seperti keinginan memiliki sikap adil, tidak memihak atau membeda-bedakan manusia serta mampu memperlakukan orang lain secara adil.

12.  Nilai altruisme, yaitu memiliki kemauan dan kemampuan untuk memperhatikan kebutuhan, kepentingan dan kebahagiaan orang lain.

13.  Nilai pengakuan/penghargaan, seperti keinginan mengakui bahwa dirinya adalah penting dan layak dihargai oleh orang lain.

14.  Nilai kesenangan, seperti keinginan merasakan kegembiraan.

15.  Nilai kebijaksanaan, seperti memiliki kemauan dan pengetahuan dalam mengambil keputusan yang tepat.

16.  Nilai kejujuran, seperti memiliki keluhuran hati, ketulusan hati, kesungguhan hati dan keterusterangan.

17.  Nilai prestasi, seperti penghargaan atas hasil yang baik dari usaha yang keras.

18.  Nilai kemandirian, seperti kemampuan untuk berdiri sendiri dan tidak dikuasai oleh orang lain.

19.  Nilai kekayaan, seperti keinginan memiliki harta atau uang banyak.

20. Nialai kesetiaan, seperti keinginan memiliki keteguhan hati dalam persahabatan.

21.  Nilai tanggung jawab.

22.  Nilai kedewasaan

23.  Nilai kedisiplinan.

24.  Nilai kerendahan hati.

25.  Nilai keberanian.

26.  Nilai toleransi.

27.  Nilai kebhinekaan.

28.  Nilai cinta tanah air dan bangsa.

29.  Nilai keteladanan.

30. Nilai kedermawanan.

 D. Penerapan Nilai Kehidupan Dikalangan Remaja

Seiring dengan perkembangan zaman, kehidupan remaja saat ini berbeda dengan remaja pada masa lalu. Pada saat ini remaja banyak dipengaruhi oleh perkembangan zaman dan iptek, sehingga terdapat perbedaan dalam perilaku yang timbul dari remaja tersebut. Contohnya seperti remaja yang terbiasa berkumpul dengan teman-temannya, kini cenderung untuk lebih bersifat individual dan sibuk dengan kehidupannya sendiri dengan handphone ataupun alat tekhnologi lainnya.

Faktor yang mempengaruhi terhadap nilai dan moral remaja adalah faktor lingkungan yang mencakup aspek psikologis, sosial, budaya, dan fisik kebendaan, baik yang terjadi di keluarga, sekolah, maupun masyarakat. Selain itu juga kondisi psikologis, pola interaksi, pola kehidupan beragama, berbagai sarana rekreasi yang tersedia didalam lingkungannya akan berpengaruh juga terhadap perkembangan nilai dan norma tersebut.

Remaja yang tumbuh dan berkembang pada lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat yang kondusif yang penuh rasa aman secara psikologis, pola ineraksi yang demokratis, penuh kasih sayang dan religius dapat diharapkan berkembang menjadi remaja yang berbudi luhur, moralitas tinggi, serta sikap dan perilaku yang terpuji.

Sedangkan apabila seorang remaja tumbuh dalam kondisi lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat yang tidak kondusif seperti kondisi psokologis yang penuh dengan koflik, pola interaksi yang tidak jelas, pola asuh yang tidak berimbang, dan kurang religius maka dikhawatirkan akan membentuk remaja yang tidak memliki nilai-nilai luhur, moralitas tinggi, dan sikap terpuji.  

(sumber : http://emarakhmawati.blogspot.co.id/2013/05/penurunan-nilai-moral-pada-remaja.html

 

24 komentar:

  1. Nama: Ninda ayu sujiana
    Kelas: X APL 2

    BalasHapus
  2. Nama : Hamira
    Kelas : X APL 2
    Absen : 8

    BalasHapus
  3. Nama: Asih Eqsania Pertiwi
    Kelas : X APL 2

    BalasHapus
  4. Nama: Ratu Khansa Adilla
    Kelas: X APL 2
    Absen: 26

    BalasHapus
  5. Nama : Rizqi Adha
    Kelas: X APL 2
    Absen: 28

    BalasHapus
  6. Nama:Delvia Amanda
    Kelas:X APL 2
    Absen:5

    BalasHapus
  7. Nama:khairunnisa fitria
    Kelas: x apl 2
    Absen: 14

    BalasHapus
  8. Nama:Muhammad Rayhan Pasha Ramadhan
    Kelas:X APL 2
    Absen:19

    BalasHapus
  9. Davina Qanitah5 Februari 2021 07.55

    Nama: Davina Qanitah
    Kelas : X APL 2
    Absen : 4

    BalasHapus
  10. Nama:Indri Tri Rismadanti
    Kelas:X APL 2

    BalasHapus
  11. Nuzhatul Husna5 Februari 2021 08.21

    Nama:Nuzhatul Husna
    Kelas:X APL 2
    Absen:23

    BalasHapus
  12. Nama:Sabad Tri FitriYana
    Kelas:X APL 2
    Absen;29

    BalasHapus
  13. Inosensius Mere Mangu
    Kls : x APL 2
    Absen :13

    BalasHapus
  14. Nama : Noraishah Azura
    Kelas : X APL 2
    Absen : 22

    BalasHapus
  15. Nama : Nabila indrianingsih
    Kelas : XAPL2
    Absen : 20

    BalasHapus
  16. Nama : Rangga Tri Prayoga
    Kelas : X APL 2
    Absen : 25

    BalasHapus
  17. Nama: Sony Armi Dinata
    Kelas:x APL 2
    Absen:31

    BalasHapus
  18. Nama : Geovani Baptista Rossi Tandri
    Kelas: X APL 2
    Absen: 07

    BalasHapus
  19. Nama: tsabitul Azmi
    Kelas: X APL 2
    Absen:34

    BalasHapus
  20. Nama: Susan Aulia
    Kelas: X APL 2
    Absen: 32

    BalasHapus
  21. Nama : Willy Cristiano Saputra
    Kelas : X APL 2
    Absen : 36

    BalasHapus

Silahkan Absen dikomentar ini dengan Format Nama Lengkap dan Kelas.