Senin, 15 November 2021

Manajemen Waktu

Waktu yang kita punya adalah 24 jam dalam sehari untuk bisa mempergunakannya dengan tepat dan efisien menurut kebutuhan masing- masing individu. Hanya saja tidak semua orang mengerti atau menggunakan waktu yang mereka punya dengan sebaik mungkin juga bahkan lalai untuk memahami konsep waktu yang berharga. Karena inilah adanya istilah, pemberdayaan dan penerapan time management atau manajemen waktu.


Pengelolaan waktu yang baik dapat membantu Anda untuk meningkatkan kinerja dan karier Anda. Pengorganisasian setiap hari membantu Anda menyelesaikan pekerjaan tepat waktu, tetap dapat terlibat selama rapat penting dan memberi Anda ruang waktu untuk menjadi kreatif serta proaktif dalam tugas- tugas Anda. Memiliki keterampilan manajemen waktu yang kuat pada akhirnya dapat mengarahkan Anda kepada pencapaian tujuan utama dan memajukan posisi Anda.

1. Mengenal Apa Itu Manajemen Waktu

 Manajemen waktu adalah proses perencanaan dan pengendalian secara sadar terhadap waktu yang dihabiskan untuk kegiatan tertentu, terutama untuk meningkatkan efektivitas, efisiensi, dan produktivitas. Cara ini juga melibatkan tindakan menyeimbangkan berbagai tuntutan terhadap seseorang yang berkaitan dengan pekerjaan, kehidupan sosial, keluarga, hobi, minat pribadi dan komitmen dengan keterbatasan waktu.


Menggunakan waktu dengan efektif memberi seseorang kelebihan juga pilihan untuk mengelola kegiatan menurut keputusan dan kebijaksanaan mereka sendiri. Manajemen waktu biasanya selalu didukung oleh berbagai keterampilan, alat serta teknik yang digunakan untuk mengatur waktu ketika menyelesaikan tugas, proyek dan tujuan tertentu sesuai dengan tanggal deadline (tempoh waktu).

Managemen Waktu sendiri juga dapat diartikan sebagai ilmu dimana manusia dapat menggunakan waktu secara berdaya guna dan berhasil.

Pengertian manajemen waktu menurut para ahli
  • Menurut Atkinson, manajemen waktu adalah suatu jenis keterampilan yang berkaitan dengan berbagai bentuk upaya dan tindakan individu yang dilakukan dengan terencana agar seseorang mampu memanfaatkan waktu sebaik mungkin.
  • Menurut Forsyth, manajemen waktu adalah sebuah cara untuk membuat waktu terkendali sehingga dapat menciptakan efektivitas dan produktivitas.
  • Menurut Leman, manajemen waktu adalah penggunaan dan pemanfaatan waktu sebaik mungkin dengan membuat rencana aktivitas yang tersusun.
  • Menurut Davidson, manajemen waktu adalah sebuah cara untuk memanfaatkan waktu dengan sebaik mungkin dimana seseorang bisa menyelesaikan pekerjaan dengan cepat dan cerdas.
Jadi sampai disini sudah tau apa itu Manajemen waktu kan? Oke kita next ke langkah-langkah atau  cara memanajemen waktu itu sendiri.

2. Cara meningkatkan kemampuan manajemen waktu
  • Membuat perencanaan
          Perencanaan akan mempermudah Anda menentukan tugas apa yang harus lebih dulu Anda kerjakan. Dengan adanya perencanaan, Anda tidak memerlukan waktu lagi untuk berpikir tugas apa yang selanjutnya harus dilakukan. Anda bisa membuat semacam daftar yang berisi list tugas-tugas yang harus diselesaikan mulai dari yang terpenting hingga tugas yang dirasa memiliki waktu tenggang lebih banyak.
  • Disiplin Waktu
          Tentu saja, bagi Anda yang baru memulai menerapkan manajemen waktu perlu disiplin waktu yang tinggi. Anda perlu membiasakan bekerja dengan disiplin waktu dengan kata lain tidak menunda-nunda pekerjaan. Sikap tidak disiplin inilah yang membuat pekerjaan semakin lama semakin menumpuk dan tidak segera terselesaikan.
  • Fokus dengan Apa yang Dikerjakan
          Berusahalah untuk mengerjakan apa yang sudah Anda agendakan dan jangan mudah tergoda dengan hal-hal yang tidak berkaitan dengan pekerjaan Anda. Misalnya saja seperti main game atau sering mengantuk saat bekerja, hal-hal seperti ini bisa menunda kesuksesan Anda.
Berani Mengambilan Keputusan
Manajemen waktu tidak akan berkembang jika Anda tidak dapat mengambil keputusan untuk diri sendiri. Mulai belajarlah untuk mengambil keputusan dengan bijak dan berani untuk mengambil risiko, karena sesungguhnya risiko yang Anda dapat dari sebuah pengambilan keputusan akan membuat diri Anda semakin berkembang.
  • Jagalah kesehatan
          Menyelesaikan pekerjaan yang begitu banyak akan membuatmu kelelahan. Oleh sebab itu, jaga kesehatan agar tidak mudah sakit dan semua pekerjaan akan terselesai. Terapkan gaya hidup sehat dan sesekali berolahraga walaupun sesibuk apapun aktivitas yang Anda jalani harus tetap sehat.

Nah jadi gitu caranya mengatur waktu.. mulai sekarang yuk dipraktekkan.. supaya tugas-tugas dapat dikerjakan tepat waktu tanpa harus mengganggu waktu luang kalian.. nah, ini juga bisa diterapkan saat kalian nanti prakerin di dunia industri teman-teman. lalu apa aja sih manfaat dari manajemen waktu itu sendiri? yukk kita lanjut...

3. Manfaat Menajemen Waktu

Mengelola waktu dengan baik memungkinkan seseorang untuk melakukan pekerjaan yang benar dan waktu yang tepat. Manajemen waktu memiliki peran penting dalam kehidupan pribadi maupun profesional seseorang. Berikut beberapa manfaat manajemen waktu?
  • Manajemen waktu membuat seseorang menjadi tepat waktu dan disiplin.
          Untuk memanfaatkan waktu dengan baik, seseorang harus menyiapkan deretan rencana tugas-tugas apa yang ingin dikerjakan ketika di pagi hari atau malam hari. Hal ini akan memberikan seseorang pemahaman tentang apa saja yang ia kerjakan, dengan begitu akan menghasilkan pekerjaan yang baik.
  • Manajemen waktu membuat seseorang menjadi lebih rapi atau terorganisir.
          Menjaga barang-barang sesuai dengan tempatnya meminimalisir waktu untuk mencari-cari barang tersebut jika dibutuhkan. Orang dengan manajemen waktu yang baik akan menjaga meja kerjanya atau area belajarnya menjadi lebih bersih dan teratur.
  • Manajemen waktu meningkatkan moral seseorang dan menjadi lebih percaya diri.
          Sebagai hasil dari manajemen waktu yang baik, seseorang akan menyelesaikan tugas dalam waktu yang ditentukan dan menjadikannya terdepan di antara anggota tim lainnya. Orang-orang yang memahami waktu akan dipandang tinggi dan selalu menjadi pusat perhatian.
  • Manajemen waktu bisa mengurangi kadar stres dan kecemasan.
          Orang-orang yang bisa menyelesaikan pekerjaan tepat waktu dinilai memiliki kadar stres dan kecemasan yang lebih rendah dibanding orang lain. Perlu diingat ketika mengerjakan sesuatu untuk tetap fokus karena tidak ada gunanya untuk menunda-nunda. Setelah pekerjaan selesai kamu akan memiliki banyak waktu untuk keluarga, sahabat dan kerabat lainnya.

Jadi kesimpulannya.. Tampaknya tidak pernah ada cukup waktu dalam sehari. Tetapi, karena setiap individu semua mendapatkan 24 jam yang sama, mengapa beberapa orang mencapai lebih banyak waktu dan berhasil mengerjakan pekerjaan mereka dengan tepat waktu daripada yang lain? Jawabannya adalah terletak pada kemampuan manajemen waktu yang baik.

Orang-orang yang berprestasi tinggi berhasil mengelola dan menerapkan penggunaan waktu mereka dengan sangat baik. Dengan menggunakan teknik manajemen waktu di atas, Kamu dapat meningkatkan kemampuan kamu untuk berfungsi lebih efektif bahkan ketika waktu kamu terbatas dan mendapat tekanan. Manajemen waktu yang baik membutuhkan perubahan penting dalam fokus dari kegiatan untuk mendapatkan hasil nyata karena menjadi sibuk itu tidak sama dengan menjadi produktif.

Menghabiskan harimu dalam hiruk-pikuk aktivitas yang tidak tertata seringkali kurang berhasil, karena Kamu membagi perhatianmu diantara begitu banyak tugas yang berbeda tanpa prioritas. Manajemen waktu yang baik memungkinkan Kamu bekerja lebih cerdas bukan lebih keras sehingga kamu dapat menyelesaikan lebih banyak dalam waktu yang lebih singkat.

Sumber : https://idcloudhost.com/mengenal-apa-itu-manajemen-waktu-pengertian-manfaat-serta-fungsinya/
https://www.gramedia.com/literasi/manajemen-waktu/
https://hr.proxsisgroup.com/5-tips-manajemen-waktu-yang-efektif/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan Absen dikomentar ini dengan Format Nama Lengkap dan Kelas.