Jumat, 11 Maret 2022

Membangkitkan Semangat Belajar

Pada dasarnya belajar gak hanya terbatas pada pembelajaran di sekolah aja. Belajar bisa dilakukan di mana pun dan kapan pun. Bahkan di kehidupan kita sangat identik dengan belajar, karena sebenarnya belajar itu selamanya, loh.


Tapi, memang gak bisa kita pungkiri kalau mendengar kata ‘belajar’ pasti otak kita langsung ingat pada sekolah. Karena memang itulah hal utama yang kita lakukan selama masa sekolah dari TK hingga kita kuliah.

Padahal hal-hal kecil seperti belajar cara membuka toples dan belajar cara memakai baju tanpa kita sadari sebenarnya juga proses pembelajaran loh.

Bahkan setelah menyelesaikan pendidikan akademik pun, kita masih akan terus belajar, belajar dan belajar. Kamu akan belajar skill baru di tempat kerja, belajar hal-hal baru dari lingkungan sekitar ataupun bahkan dari orang-orang terdekat kamu.

Sekali lagi, “Belajar itu selamanya.”

Dalam belajar, motivasi memiliki peran yang sangat penting, loh. Karena di saat kamu memiliki motivasi untuk melakukan sesuatu, kamu pasti akan melakukan dengan sungguh-sungguh.

Begitu pun dengan belajar, kalau kamu memiliki motivasi yang kuat untuk belajar, kamu pasti memiliki semangat belajar yang kuat pula. Sehingga kamu akan belajar dengan sungguh-sungguh.

Sebaliknya, kalau kamu gak memiliki motivasi untuk belajar, pasti kamu akan kesulitan untuk belajar dengan sungguh-sungguh.

Makanya, motivasi sangatlah penting dan harus dimiliki dalam proses belajar. Karena motivasi bisa meningkatkan semangat belajar seseorang, bahkan di saat seseorang itu merasakan lelah dan jenuh.

Tapi, pasti kamu masih bertanya-tanya sebenarnya motivasi itu apa, sih? Kok bisa menumbuhkan semangat belajar seseorang? Terus, gimana cara meningkatkan semangat belajar?

Lalu kenapa Pentingnya membangkitkan semangat belajar??

Oke mari kita bahas satu persatu!

A. Apa itu Motivasi?

Secara umum, motivasi adalah proses yang memulai, membimbing dan mempertahankan perilaku seseorang agar mencapai suatu tujuan tertentu. Intinya, hal yang mendorong kita mencapai suatu tujuan.

Motivasi merupakan kekuatan yang dalam diri kita, yang memicu kita untuk bertindak. Jadi, bisa dibilang motivasi adalah kunci utama kita melakukan sesuatu.

Adanya motivasi sendiri dipengaruhi oleh dua hal, kebutuhan dan keinginan. Apabila kita merasa butuh untuk melakukan satu hal, pasti kita akan muncul motivasi dalam diri untuk bertindak. Begitu pun juga saat kita menginginkan sesuatu.

Hal-hal kecil seperti mengambil makanan di meja makan misalnya, sebenarnya merupakan kegiatan yang kamu lakukan karena didasarkan oleh motivasi, loh. Dalam hal ini, berarti motivasinya adalah kamu lapar (kebutuhan) atau kamu ingin makan (keinginan).

B. Kenapa Motivasi itu Penting dalam Meningkatkan Semangat Belajar?

Belajar adalah tindakan yang kita lakukan hampir setiap hari, dari hal kecil hingga hal-hal yang besar sekalipun. Bahkan saat kamu membaca ini pun, kamu sedang belajar hal-hal baru, bukan?

Dalam belajar, motivasi memiliki peran yang sangat penting dalam membangkitkan semangat belajar. Kenapa begitu?

Hal ini karena kalau kamu termotivasi, kamu pasti belajar jauh lebih baik dan lebih bersungguh-sungguh. Sehingga kamu akan memahami dan mengingat lebih banyak dari apa yang kamu pelajari.

Terutama saat motivasi belajar dari berasal dari keinginan dalam diri. Semangat belajar yang muncul pasti akan menggebu-gebu. Dan alhasil, kamu akan belajar dengan tekun dan mencapai tujuan yang diinginkan.

C. Cara Meningkatkan Semangat Belajar

1. Memantapkan motivasi kamu untuk belajar

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, motivasi dan belajar memiliki kaitan yang sangat erat. Maka dari itu, dalam hal meningkatkan semangat belajar, kamu harus memantapkan dahulu motivasi kamu untuk belajar.

Kamu bisa memulai dengan menentukan tujuan kamu terlebih dahulu, yaitu tujuan apa yang sebenarnya kamu ingin capai dengan mempelajari hal tersebut.

Dalam menentukannya, you must set a clear goal. Karena kalau kamu menentukan tujuan yang jelas dan terfokus, kamu akan tahu cara untuk mencapainya. Dan di situlah motivasi kamu akan akan tercipta.

Cobain Yuk : Test Self Motivation

2. Terapkan growth mindset

Secara sederhana, growth mindset merupakan suatu pemikiran yang dimiliki seseorang yang yakin bahwa kemampuan yang dia miliki dapat terus berkembang seiring berjalannya waktu.

Apabila kamu menerapkan growth mindset saat belajar, pasti semangat belajar kamu pun akan terus berkembang. Karena kamu sudah yakin pada diri sendiri bahwa dengan belajar sedikit demi sedikit, kamu pun akan terus berkembang sedikit demi sedikit.

Sama seperti yang Satu Persen yakini selama ini, bahwa setiap orang, termasuk pula diri kamu, berhak untuk berkembang setidaknya 1% setiap harinya.

3. Take a break

Rasa jenuh dan lelah pasti akan menghampiri kamu saat sedang belajar, sesuka apapun kamu terhadap apa yang kamu pelajari saat itu. Ingat, kamu gak harus selalu menekankan diri untuk belajar terus menerus tanpa henti.

Kamu punya hak untuk take a break, untuk istirahat sejenak biar pikiran kamu fresh lagi. Tapi waktu untuk istirahat harus kamu sesuaikan dengan kebutuhan, jangan sampai kamu malah kebablasan istirahat terus menerus ya!

Kalau rasa jenuh dan lelah sudah hilang serta pikiran telah fresh kembali, semangat belajar kamu akan kembali lagi dan kamu pun bisa melanjutkan aktivitas belajar pun dengan hati yang senang.

4. Beri reward kepada diri setelah belajar

Salah satu yang bisa menumbuhkan semangat belajar adalah dengan memberikan reward atau hadiah kepada dirimu sendiri. Hal ini biasanya disebut sebagai istilah self-reward, yaitu bentuk apresiasi diri atas hal yang telah kamu lakukan atau kamu capai.

Saat kamu berniat memberikan hadiah kepada diri sendiri saat setelah kamu belajar nanti, mungkin gak kamu sadari pasti kamu akan lebih semangat belajar. Hal ini karena diri kamu jadi terpicu untuk mendapatkan ‘sesuatu’ yang kamu inginkan.

Bentuk apresiasi diri kamu gak harus selalu berbentuk, loh. Waktu istirahat ataupun me time bisa juga sebagai bentuk reward atas kerja keras kamu setelah belajar.

Eits, tapi jangan jadikan self-reward sebagai tameng kamu dalam melakukan pemborosan untuk mengikuti gengsi, ya!


Nah, lalu bagaimana caranya mengatasi kesulitan dalam belajar? Yuk kita bahas..

A. Penyebab Konsentrasi Belajar Menurun

Sebenarnya, apa sih yang menyebabkan konsentrasi belajar menurun? Bagaimana cara meningkatkan konsentrasi belajar yang mudah dan efektif?

Nah, berikut ini merupakan beberapa penyebab yang membuat kamu sulit konsentrasi saat belajar, antara lain:
  • Terlalu banyak tugas yang diberikan oleh guru sehingga menyita waktu dan membuat kamu akhirnya mengalami kelelahan.
  • Pengaruh adanya penggunaan gadget yang berlebihan.
  • Suasana belajar yang tidak kondusif, baik dirumah maupun di sekolah yang membuat kamu tidak merasa nyaman dalam belajar.
  • Pola tidur yang kurang berkualitas.
  • Kurangnya minat terhadap mata pelajaran tertentu.
  • Adanya paksaan atau tekanan dari lingkungan sekitar.
  • Rendahnya motivasi dari diri sendiri dalam menentukan target hasil belajar.
  • Pola makan yang kurang sehat dapat menyebabkan terhambatnya proses metabolisme tubuh sehingga mempengaruhi kerja otak kurang optimal.
Itulah beberapa penyebab yang mempengaruhi terganggunya konsentrasi saat belajar. Hal-hal di atas bisa membuat kamu memiliki mindset kalau belajar itu suatu kegiatan yang kurang menyenangkan dan bahkan merupakan beban buat kamu.

Tentunya hal tersebut harus segera diatasi agar mindset kamu berubah menjadi lebih baik mengenai proses belajar. Nah, berikut ada beberapa cara mudah dan efektif untuk meningkatkan semangat dan konsentrasi kamu saat belajar.

1. Hindari Gangguan Belajar

Banyak sekali gangguan di sekitar kamu yang berpotensi mengalihkan perhatian kamu saat belajar. Misalnya, gangguan dari smartphone kamu yang berdering, bunyi pemberitahuan dari media sosial, tontonan Youtube yang lebih seru, serta hal-hal lainnya.

Nah, usahakan untuk menjauhkan diri dari faktor-faktor gangguan seperti itu, Pahamifren! Dengan demikian, kamu bisa berkonsentrasi penuh terhadap materi yang sedang kamu pelajari sehingga kamu materi pelajaran pun bisa kamu pahami secara maksimal.

2. Lakukan Persiapan Belajar

Mempersiapkan beberapa hal saat akan mulai belajar dapat membantu melancarkan proses belajar kamu, misalnya mempersiapkan fasilitas penunjang belajar berupa alat tulis atau media penunjang belajar lainya.

Kamu juga bisa mempersiapkan makanan dan minuman ringan sebagai pendamping saat kamu belajar sehingga kamu tidak perlu khawatir jika merasa kehausan atau kelaparan. Dengan begitu, kamu bisa konsentrasi penuh dalam belajar.

3. Membuat Jadwal belajar yang konsisten

Buatlah jadwal belajar lalu terapkan secara konsisten. Dengan demikian, kamu akan terbiasa belajar pada waktu yang telah ditentukan. Namun, pastikan jadwal belajar tersebut sesuai dengan waktu kamu.

Usahakan waktu tersebut selaras dengan situasi mood kamu yang sedang bagus. Sebab, mood yang bagus dapat menumbuhkan semangat dan konsentrasi belajar yang tinggi.

4. Mengerjakan Pelajaran yang disukai terlebih dahulu

Kamu bisa mengutamakan pelajaran yang kamu sukai saat belajar. Dengan begitu, kamu akan lebih semangat dalam mempelajarinya. Dengan semangat belajar yang tinggi, otomatis konsentrasi kamu akan bekerja lebih optimal sehingga dapat menangkap dan memahami pelajaran dengan mudah.

Jika perlu, berikanlah motivasi kepada diri sendiri untuk mencapai target belajar yang maksimal pada pelajaran yang kamu sukai agar mendapatkan prestasi yang lebih tinggi lagi.

5. Istirahat Cukup dan berkualitas

Istirahat yang cukup sangat memengaruhi konsentrasi kamu dalam melakukan aktivitas sehari-hari, termasuk aktivitas belajar. Usahakan tidur yang cukup pada malam hari kurang lebih 8 jam waktu tidur.

Dengan tidur yang cukup dan berkualitas, kamu akan lebih siap melakukan aktivitas apapun pada keesokan harinya. Kamu pun akan lebih mudah memahami materi pelajaran yang diberikan.

Nah, itu dia beberapa cara meningkatkan konsentrasi belajar mudah yang bisa kamu praktikkan. Semoga dapat memotivasi kamu untuk lebih semangat belajar, ya..

10 komentar:

  1. Nama:Luthfi Fauzi Yusendar
    Absen:17

    BalasHapus
  2. Nama:Muhammad zhuhri alfandi
    Absen:22

    BalasHapus
  3. nama:Yuza Maulana
    kelas:XI TP4
    absen 34

    BalasHapus
  4. Nama : Ponti Irsa Al Dzadit
    Kelas : XI Tp 4
    Absen : 24

    BalasHapus
  5. Nama:Dimas pramudita
    Kelas:XI TP4

    BalasHapus
  6. Nama:VERI YANTO
    KELAS:XI TP4
    ABSEN:33

    BalasHapus
  7. Nama: ILHAM
    kelas: XI TP 4
    absen: 15

    BalasHapus
  8. Nama: Arif Wicaksono
    Kelas: XlTP4
    Absen:4

    BalasHapus
  9. Nama: Rendi Kurniawan
    Kelas : XI TP 4
    Absen : 27

    BalasHapus
  10. Nama:Bambang hairulloh
    Kelas:XI TP 4
    absen:5

    BalasHapus

Silahkan Absen dikomentar ini dengan Format Nama Lengkap dan Kelas.